Text
PERAN SUPERVISOR KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PENGELOLAAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMPN 2 LARANGAN KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Lutfi Syaifullah 2019, Peran Supervisor Kepala Sekolah dalam Peningkatan Pengelolaan Mutu Pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pembimbing Dr. Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Kepala Sekolah sebagai Supervisor, Mutu Pembelajaran
Berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang diperoleh, Kepala sekolah SMPN 2 Larangan Pamekasan menjadi sosok pemimpin yang selalu mengontrol dan memberikan solusi segala kekurangan tenaga pendidik di lembaga yang dipimpinnya melaui disiplin guru datang tepat waktu, penggunaan perangkat-perangkat pembelajaran, serta membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun hal hal yang lain, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pendidik sehingga menghasilkan siswa lulusan sesuai dengan visi dan misi lembaga. Namun pada kenyataannya apa yang telah dilakukan oleh kepala sekolah tersebuttidak tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena masih adanya guru yang lalai untuk membut perangkat pembelajaran serta motivasi belajar siswa.
Fokus dalam penelitian ini yaitu. Pertama, Bagaimana teknik supervisi kepala sekolah dalam peningkatan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan? Kedua, Program apa saja yang disusun dan dilaksanakan oleh supervisor dalam meningkatkan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan? Ketiga, Bagaimana hasil program pelaksanaan supervisor dalam peningkatan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan beberapa dewan guru SMPN 2 Larangan Pamekasan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Teknik supervisi kepala sekolah dalam peningkatan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Pamekasan yaitu; (a) Kepala sekolah mengadakan diskusi dengan dewan guru ketika mengalami suatu permasalahan, (b) Kepala sekolah melakukan kunjungan kelas, (c) Pelaksanaan supervisi tidak terjadwal, Kedua, Program apa saja yang disusun dan dilaksanakan oleh supervisor dalam meningkatkan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasayaitu; Kepala sekoalah mengada pertemuan dengan dewan guru untuk mebicaran kinerja belajar. (a) Kepala sekolah mengadakan efaluasi dari hasil pembelajaran yang kerang maksimal. (b) Kepala sekolah memberikan bimbingan belar kepada siswa yang ingin menambah jam belajar. Ketiga, Hasil Program Pelaksanaan Supervisor dalam peningkatan pengelolaan mutu pembelajaran di SMPN 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasa Ada beberapa guru yang tidak profesional dalam mengajar. (a) Adanya beberapa guru yang tidak hadir diwaktu rapat meski sudah diinfornasikan jauh-jauh hari. (b) masih adanya guru SMPN2 Lrangan yang lalai dalam melaksanakan tugas yang sudah saya berikan, tugas-tugas tersebut dapat berupa laporan tentang program yang telah dilaksanakan, seperti laporan kegiatan ekstra dan intrakurikuler.
Tidak tersedia versi lain