Text
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Suhra Wardi, 2019, Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Keterampilan menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M. Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan, Media Gambar.
Keterampilan menulis karangan cerita dirasakan penting untuk diteliti, karena sampai sekarang masih banyak keluhan dari beberapa guru, bahwa keterampilan menulis cerita siswa masih belum berhasil. Padahal menulis merupakan bagian yang vital dalam setiap pendidikan, karena menulis adalah dasar untuk berpikir. Dengan menggunakan media gambar yang menarik siswa akan lebih berminat mengikuti pembelajar dan lebih nalar dalam menulis sebuah karangan cerita fantasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan ini, yaitu: Pertama, Bagaimana penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis cerita fantasi di SMP Negeri 1 Pakong pada tahap pra menulis. Kedua, Bagaimana penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis cerita fantasi di SMP Negeri 1 Pakong pada tahap saat menulis. Ketiga, Bagaimana penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis cerita fantasi di SMP Negeri 1 Pakong pada tahap penyuntingan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru bahasa dan siswa kelas VII (tujuh). Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil temuan penelitian perencanaan penerapan strategi keterampilan menulis karangan cerita fantasi menggunakan media gambar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakong pada tahap pramenulis 4 data: Pertama, yang dilakukan yaitu menyampaikan tujuan terkait materi yang akan dilaksanakan. Kedua, adalah memberikan gambaran tentang menulis cerita fantasi menggunakan media gambar. Ketiga, adalah memberikan arahan bagaimana caranya menulis karangan cerita fantasi. Keempat, menentukan topik tentang tulisan, penerapan strategi keterampilan menulis karangan cerita fantasi menggunakan media gambar pada saat menulis terdapat 5 data: Pertama, yaitu menjelaskan materi yang akan di sampaikan. Kedua, yaitu menyusun kerangka tulisan dan menuangkan idenya. Ketiga, yaitu memberikan tugas menulis karangan tentang gambar yang disediakan. Keempat, adalah mempresentasikan hasil tulisannya didepan kelas. Kelima, adalah memberikan tugas rumah untuk mengarang cerita, penerapan strategi keterampilan menulis karangan cerita fantasi menggunakan media gambar pada saat penyuntingan terdapat 5 data, Pertama, yaitu mengoreksi tulisannya. Kedua, yaitu adalah siswa sangat berantusias untuk mengarang. Ketiga, adalah siswa berminat untuk menulis. Keempat, adalah proses pembelajaran jauh lebih baik dan lebih kondusif yang Terakhir adalah memudahkan kami dalam menulis karangan cerita fantasi dengan baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain