Text
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X MA AT-TA’AWUN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ABSTRAK
Nurindasari, 2019, Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MA At-Ta’awun Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi, Program Studi TBIN, IAIN Madura, Pembimbing: Moh Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis kesalahan berbahasa, ejaan, eksposisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemui di lapangan, bahwa siswa di MA At-Ta’awun masih belum mampu menulis ejaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sehingga ketika menulis sebuah karangan cara penulisannya tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi fokus kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanakah jenis kesalahan ejaan pada penulisan huruf kapital; kedua, Bagaimanakah jenis kesalahan ejaan pada penulisan kata; ketiga, Bagaimanakah jenis kesalahan ejaan pada penulisan tanda baca.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Guru dan siswa. Adapun analisis data melalui identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kesalahan penulisan huruf kapital ditemukan pada karangan eksposisi siswa dalam wujud kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi; kedua, Kesalahan penulisan kata depan, kesalahan pemenggalan kata; ketiga, kesalahan tanda baca titik, kesalahan tanda baca koma.
Tidak tersedia versi lain