Text
PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS NEGERI 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Hosniyatin Nafilah, 2019, Program Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Negeri 4 Pamekasan. Pembimbing Fathol Haliq, M.Si.
Kata kunci:Program Bimbingan Priadi-Sosial, Kedisiplinan Siswa
Program bimbingan pribadi-sosial merupakan upaya untuk membantu individu dalam menghadapi permasalahan yang ada pada dirinya ataupun dalam lingkup lingkungannya. Dalam hal ini bagaimana individu memandang/ menanggapi program bimbingan pribadi-sosial yang diberikan oleh Guru BK di MTs Negeri 4 Pamekasan. Berdasarkan pernyataan diatas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan program bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 pamekasan; kedua, apa saja bentuk-bentuk pelanggaran yang dihadapi siswa terkait kedisiplinan siswa yang sering dilanggar di MTs Negeri 4 Pamekasan; ketiga, hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan program bimbingan-pribadi sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru BK, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam hal ini penelitian dilakukan di MTs Negeri 4 Pamekasan pada tanggal 26-28 bulan Agustus-September.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Dalam pelaksanaan program bimbingan pribadi-sosial di MTs Negeri 4 Pamekasan melalui beberapa tahap yaitu, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, Bentuk-bentuk pelanggaran yang dihadapi siswa terkait kedisiplinan siswa yang sering dilanggar di MTs Negeri 4 Pamekasan tidak jauh berbeda dengan yang ada disekolah lain, yaitu seperti masuk tepat waktu, sering bolos, berpakaian rapi (baju diletakkan didalam, kaos kaki, memakai dasi), potongan rambut yang tidak rapi, tidak ikut shalat dhuha bersama, terlambat masuk ke kelas bahkan sering keluar kelas, tidak mengerjakan tugas, tidak ikut upacara dan lain sebagainya. Ketiga, Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program bimbingan-pribadi sosial untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 4 Pamekasan yaitu ada 3: 1) faktor internal, dan 2) faktor ekternal.
Tidak tersedia versi lain