Text
PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ ‘AMMA MELALUI METODE QAZMU (QIRA’AH, ZIYADAH dan MURAJA’AH) PADA SISWA KELAS IV DI SD ISLAM ALMUNAWWARAH KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nadhirah, Husnun. 2019. Peningkatan Motivasi Peserta Didik Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz’ Amma Melalui Metode Qazmu (Qira’ah, Ziyadah dan Muraja’ah) Pada Siswa Kelas IV di SD Islam Al-Munawwarah Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Zainuddin Syarif, M. Ag.
Pendidikan islam semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan eksistensinya pendidikan. Hadirnya kurikulum 2013 memberikan warna yang berbeda pada dunia pendidikan. Dalam setiap pengembangan kurikulum yang ada di dunia pendidikan di Indonesia, kesemuanya tidak pernah meninggalkan tujuan pendidikan tentang membentuk manusia yang bertaqwa, yang berakhlaq sehingga menjadi insan yang kamil. Sekolah islam, khususnya Madrasah Ibtidaiyyah yang membuka program tahfidz. Menghafal al-Qur’an merupakan kegiatan yang terkesan sangat berat dan membosankan. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai monoton dan hanya mengaktifkan belahan otak kiri. Berbagai macam metode pun dicoba dipraktekkan oleh para tahfidz al-Qur’an demi membuat proses tersebut terasa lebih ringan, atau bahkan menyenangkan. Salah satu metode yang sangat bagus untuk diterapkan di Sekolah Dasar yaitu metode Qazmu. Keberadaan metode ini menjadi solusi kebuntuan yang dihadapi para peserta didik. Metode ini berupaya untuk memadukan beberapa metode sehingga proses menghafal tidak membosankan. Metode ini juga berusaha mengaktifkan belahan otak kiri dan otak kanan sekaligus, sehingga diharapkan bisa diterapkan kepada peserta didik penghafal al-Qur’an di SD Islam Al-Munawwarah Pamekasan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan implementasi tindakan metode Qazmu dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Islam Al-Munawwarah Kabupaten Pamekasan. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an dengan menerapkan metode Qazmu di SD Islam Al-Munawwarah Kabupaten Pamekasan sudah dipersiapkan dengan baik. Pada pelaksanaan implementasi tindakan metode Qazmu dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SD Islam Al-Munawwarah Kabupaten Pamekasan sudah berjalan dengan baik, meskipun belum maksimal. Akan tetapi suasana belajar di kelas sudah kondusif dan nyaman sehingga tidak ada kelas yang tidak kondusif lagi. Namun ustadzah juga mengalami beberapa kesulitan dalam penerapan metode Qazmu di kelas, terutama pada kegiatan setoran hafalan.
Pada saat penerapan metode Qazmu hasil siklus I pada pertemuan pertama yaitu 42,85% dan pertemuan kedua yaitu 57,14%. Pada siklus II pertemuan pertama yaitu 7142% dan pertemuan kedua yaitu 85,71%.
Kata Kunci: Tahfidz al-Qur’an, Metode Qazmu.
Tidak tersedia versi lain