Text
ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPI DARUL ULUM AMBUNTEN SUMENEP
ABSTRAK
Rabbilatus Zahraini, 2019, Analisis Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPI Darul Ulum Ambunten Sumenep, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci: Penilaian Portofolio, Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Materi IPS Terpadu
Mengingat akan pentingnya sistem penilaian yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor maka diperlukan suatu penilaian yang dapat mengukur hasil belajar siswa yang tidak hanya mengukur dengan nilai tes tertulis. Penilaian dalam pembelajaran berfungsi untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar siswa secara berkesinambungan.
Terdapat dua permasalahan yang menjadi fokus penelitian, pertama: Bagaimana pelaksanaan penilaian portofolio dalam pembelajaran contextual teaching and learningpada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan, kedua: Jenis penilaian portofolio dalam pembelajaran contextual teaching and learning pada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi; tes hasil belajr; wawancara dan studi dokumentasi berupa produk portofolio siswa.Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Darul Ulum Ambunten yang berjumlah 15 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian portofolio dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar pada siswa. Adapun produk portofolio siswa yang dikumpulkan dalam proses pembelajaran berupa tes hasil belajar dan lembar kerja siswa. Produk portofolio dapat dijadikan sebagai bukti perkembangan siswa.
Tidak tersedia versi lain