Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Khatijah, 2019, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd
Kata Kunci: Kooperatif STAD, Mata Pelajaran IPS
Guru merupakan pengelola dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, oleh karena itu guru IPS di SMP Negeri 3 Pamekasan menerapkan pembelajaran kooperatif STAD karena pembelajaran kooperatif membuat siswa merasa mandiri dan saling mengemukakan pendapatnya masing-masing sehingga dalam satu kelompok berdiskusi dan saling bertukaran pikiran sehingga bias mengahargai pendapat orang lain. penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD akan membuat siswanya merasa mandiri dan saling mengemukakan pendapatnya masing-masing sehingga dalam satu kelompok tersebut berdiskusi dan bertukar pikiran terkait materi yang berlangsung dan menghargai pendapat temannya,
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Kedua, Apa kelebihan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, apa kekurangan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Guru IPS, dan Siswa-siswi SMP Negeri 3 Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPS membuat siswa siswinya salinya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dan menghargai pendapat teman sekelompoknya. Kekurangan dari penerapan ini tidak semua siswa aktif dalam kelompok. Langkah-langkah yang dilakukan Guru IPS dalam pembelajaran IPS kelas VII pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah yang pertama menyampaikan tujuan yang akan dicapai dan memotivasi siswa, yang kedua guru menyajikan informasi, yang ketiga mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok dan guru menentukan kelompok, yang keempat membimbing kelompok belajar, yang kelima guru memberikan evaluasi terkait materi sehingga peserta didik mengerti dan paham, yang terakhir yaitu memberikan apresiasi atau penghargaan dalam belajar kelompok.
Tidak tersedia versi lain