Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP ISLAM Al-GHAZALI TEBUL-TIMUR PEGANTENAN
ABSTRAK
Rif’atus Sholehah, 2019, Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Islam Al-Ghazali Tebul-Timur Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Drs. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Mind Mapping, Budi Pekerti
Model pembelajaran mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang mengupayakan seorang peserta didik mampu menggali ide-ide kreatif dan aktif serta kondusif dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan terutama pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Islam Al-Ghazali Tebul-Timur Pegantenan Pamekasan; Kedua, apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Islam Al-Ghazali Tebul-Timur Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI dan budi pekerti, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Langkah-langkah penerapan model pembelajaran mind mapping dilakukan dengan beberapa tahap pelaksanaan yaitu: pertama, menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kedua, membentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 2-3 orang. Ketiga, menghadapkan peserta didik pada suatu masalah yang mempunyai alternatif jawaban. Kelima, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi. Dan yang terakhir, menyimpulan hasil diskusi. kedua kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapa model pembelajaran model mind mapping ada tiga yaitu pertama peserta didik yang ingin memilih dan membentuk kelompoknya sendiri, kedua sulitnya mengaktifkan peserta didik yang kurang pintar dan belum sadar akan pentingnya belajar serta kurangnya semangat dalam diri siswa, ketiga catatan mind mapping yang kurang luas.
Tidak tersedia versi lain