Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SKILL ENTREPRENEURSHIP SISWA DI SMK EL-MOSTHOFA RAGANG WARU PAMEKASAN
ABSTRAK
Edi Buhari, 2019, Implementasi Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Kewirausahaan Dalam Membentuk Skill Entrepreneurship Siswa di SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan, skripsi program studi manajemen pendidikan islam, fakultas tarbiyah, pembimbing: Dr.H. Saiful Hadi,M.Pd
Kata kunci: Implementasi Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Kewirausahaan, Skill Entrepreneurship Siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data peneliti,menggunakan dua sumber yaitu sumber utama dan tambahan. Sumber utama yaitu guru, RPP, dan siswa,sedangkan sumber tambahan yaitu profil sekolah, struktur guru, dan keadaan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dukomentasi. Teknik analisis data adalah mencatat hasil dari lapangan, mengumpulkan data dan memilah-milah, dan menyimpulkan dan berfikir agar dapat tercapai tujuan peneliti.penelitian ini berlangsung dari april sampai September.
Penelitian ini membahas tentang Implemetasi kurikulum berbasis nilai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skill entrepreneurship SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan supaya Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam membentuk skill kewirausahaan agar efektif dan benar. Dan permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah a) Bagaimana Implemetasi kurikulum berbasis nilai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skill entrrpreneurship SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan? b) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implemetasi kurikulum berbasis nilai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skill entrepreneurship SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan? Sedangkan pengecakan keabsaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implemetasi kurikulum berbasis nialai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skil enterprenership SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan bisa dibialang cukup baik karena proses pembelajaranya cukup baik baik dari peyedian RPP, penialian yang berpedoman pada panduan pembelajaran dan menggunakan kurukulum K13, dan di SMK El Mustofa ada tiga jurusan yang pertama tata boga, yang kedua tata busa, dan yang ketiga peternakan. Di SMK El Mustofa mengadakan praktek di sekolah dan diluar sekolah seperti magang, dan memasarkan hasil karya-karya tiap jurusan pada santri dan siswa di pondok. Dan jika sudah berjalan memasarkan pada santri dan siswa maka akan di pasarkan pada masyarakat sekitar.
Kedua, Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum berbasis nilai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skill entrepreneurship SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan ialah dalam mewujudkan terlaksananya sebuah program pendidikan, maka semua elemen sekolah juga harus saling sinergitas guna untuk mewujudkan sebuah program pendidikan tersebut, khususnya pada bidang kewirausahaan. Sarana prasarana yang memadai, dukungan dan motivasi guru dalam menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa, serta kemauan siswa dalam membantu sekolah untuk mewujudkan program tersebut harus saling mendukung satu sama lain.
Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum berbasis nilai-nilai kewirausahaan dalam membentuk skill entrepreneurship SMK El-Mustofa Ragang Waru Pamekasan adalah miotivasi, minat belajar siswa pada pentingya kewirausahaan, dan sarana prasarana karena tampa semua yang disebut siswa tidak akan berhasil dalam pendidikan kewirausahan.
Tidak tersedia versi lain