Text
PENERAPAN HUKUMAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Kholifah, 2019, Penerapan Hukuman Sebagai Alat Pendidikan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Peserta Didik di MIN I Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing:Halimatus Sa’diyah,MPd.I
Kata kunci:Penerapan Hukuman, Kedisiplinan Peserta Didik.
Ada dua permasalahan yang menjadi Pokok kajian dalam penelitian pertama apakah penerapan hukuaman efektif dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MIN I Pamekasan ? Kedua Bagaimana penerapan hukuman sebagai alat pendidikan dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik di MIN I Pamekasan?.
Sedangkan pendekatan peneliti yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif. Informannya Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama dapat dilihat bahwasanya penerapan hukuman yang dilakukan dirasa efektif dalam menanamkan kedisiplinan terhadap siswa. hal ini dilakukan semenjak dahulu dan sampai sekarang dan penerapan hukuman yang dilakukan oleh guru-guru tidaklah menggunakan kekerasan fisik tetapi dengan menghukum siswa membaca surat-surat pendek atau memberikan tugas tambahan kepada siswa yang melanggar peraturan tata tertib sekolah. Keduapemberian hukuman merupakan upaya mendisiplinkan peserta didik terhadap peraturan yang berlaku di sekolah. Sebab dengan sadar pendidik memegang prinsip bahwa disiplin itu merupakan kunci sukses suatu sekolah. Seorang pendidik harus memiliki "keteladanan yang baik". Dengan adanya keteladanan yang baik itu, maka akan menumbuhkan hasrat bagi peserta didik untuk meniru dan mengikutinya. Di samping itu perlu adanya nasehat-nasehat dari pendidik kepada peserta didik agar peserta didik membiasakan perilaku disiplin. Dalam pelaksanaan tata tertib kedisiplinan, tata tertib tersebut disosialisasikan kepada peserta didik, ada pengawasan dan apabila terjadi pelanggaran diberikan tindakan dalam hal ini pemberian hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.
Tidak tersedia versi lain