Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN BRANTA PASESER 1 TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ainul Bashiirah, 2019, Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas III SDN Branta Paseser 1 Tlanakan Pamekasan, Program Studi PGMI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Heni Lestiana, M. Pd. I
Kata Kunci: Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Model Discovery Learning
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas III SDN Branta Paseser 1 Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTanggart dalam 2 siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Branta Paseser 1 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui model discovery learning. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancaran tes tulis dan dokumentasi. Instrument penilaian menggunakan soal tes atau evaluasi hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model diacovery learning pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, nilai yang diperoleh siswa yaitu rata-rata dibawah 60 (masih belum mencapai KKM). Namun setelah diterapkannya model discovery learning pada siklus I sebanyak 10 siswa (43%) mampu maencapai KKM dan ada 13 siswa (57%) yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II, sebanyak 6 siswa kelas III SDN Branta Paseser 1 hasil belajarnya telah mencapai KKM (26%) dan sebanyak 17 siswa (74%) yang nilainya melebihi KKM.
Tidak tersedia versi lain