Text
PENTINGNYA PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATERI IPS DI SD PLUS NURUL JADID PANGLEGUR PAMEKASAN
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang seoptimal mungkin agar suasana kelas tidak jenuh. Dengan itu, ialah kegiatan-kegiatan untuk menciptakan kondisi kelas seoptimal mungkin saat terjadinya proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang terjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pengelolaan kelas di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan?., Kedua, Bagaimana Pentingnya pengelolaan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi IPS di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan?., Ketiga, Bagaimana Prestasi belajar siswa materi IPS di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata tetapi bukan angka. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), siswa/siswi SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pengelolaan kelas yang dilakukan di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) telah terlaksana dengan baik dan dilakukan dengan semaksimal mungkin meskipun dengan berbagai keterbatasan yang sekolah punyai. Kedua, prestasi siswa dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat baik dilihat dari segi proses belajar mengajar didalam kelas yang dijelaskan oleh guru pengajar dalam setiap harinya. Ketiga, Pengelolaan kelas di SD Plus Nurul Jadid Panglegur Pamekasan memiliki peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar materi.
Tidak tersedia versi lain