Text
Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan
ABSTRAK
Iqbal Firdausi Cahyono, 2019,Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan,Skripsi, Program Studi IPS, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M. Si
Kata Kunci : Metode jigsaw learning, motivasi belajar
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pamekasantahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Data penelitian diperoleh dari RPP, angket,dokumentasidannilairesponden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwapengaruh penerapan metode jigsaw learning dapatmemotivasi belajar siswa dalammata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pamekasantahun pelajaran 2019/2020.. Ini dibuktikan dari angket, nilairesponden dan kajian dokumentasi yang menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw learning dalam proses belajar pelajaran IPS pada sekolah SMP Negeri 3 Pamekasan sudah baik atau mendekati sangat baik. Hal ini berdasarkan jawaban responden yang sangat setuju yaitu 256 (42,67%), jawaban responden yang setuju yaitu sebanyak 236 (39,33%), jawaban responden yang tidak setuju 90 (15,00%), dan jawaban responden sangat tidak setuju sebanyak 18 (3,00%).Penerapan metode jigsaw learningberpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar IPS pada siswaKelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. Hal ini berdasarkan pada niai t-hitung sebesar 5,374 > t-tabel sebesar 1,333 dan nilai probilitas (sig)
Tidak tersedia versi lain