Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDI MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDI MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
Alfiatush Sholihah
e-mail: alfifie235@gmail.com
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
IAIN Madura
ABSTRAK
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran yang akhir-akhir ini mulai banyak dibicarakan dalam dunia pendidikan sekaligus dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, baik di jenjang sekolah dasar maupun jenjang yang lebih tinggi. Itulah sebabnya penelitian ini memfokuskan pada hal-hal berikut: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas V di SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, 2) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas V di SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, 2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SDI Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDI Miftahul Qulub Polagan Pamekasan, penelitian ini akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019, PTK ini dilaksanakan melalui dua siklus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mulai dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I hanya 7 siswa atau 23% yang mengajukan pertanyaan, yang berperdapat hanya 4 siswa atau 13%, yang mengerjakan tugas sebanyak 30 siswa atau 100% dan yang kerja sama sebanyak 25 siswa atau 83%. Pada siklus II ini aktivitas siswa mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus I. Pada siklus II aktivitas bertanya sebanyak 10 siswa atau 33%, yang berperdapat sebanyak 10 siswa atau 33%, yang mengerjakan tugas sebanyak 30 siswa atau 100% dan yang kerja sama sebanyak 30 siswa atau 100%. (2) Berdasarkan data respon siswa selama dua siklus menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat persentase siklus I yang dibandingkan dengan siklus II jauh lebih setuju dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Hasil tes siswa dalam pembelajaran IPA dengan dua siklus mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil rata-rata siswa pada siklus I adalah 68 dan pada siklus II 75.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi belajar.
Tidak tersedia versi lain