Text
UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI RAUDLATUTTHALIBIN DESA BATUBELAH TIMUR DASUK SUMENEP
ABSTRAK
Dewi Sri Wahyuni 2019, “Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Raudlatutthalibin Desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep ” Skripsi, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Meningkatkan Pendidikan Karakter, Bahasa Indonesia
Penelitian ini mempelajari penggunaan metode Demonstrasi sebagai metode Pembelajaran pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk membantu karakter siswa yang ada di lembaga MI Raudlatutthalibin Desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti. Pertama, Bagaimana penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan Pendidikan Karakter siswa kelas III Raudlatuthalibin Desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep. Kedua, Bagaimana penerapan dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga muncul pendidikan karakter
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas dan peserta didik kelas III. Observasi dilakukan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitin ini, sedangkan tes dilakukan melalui persiklus dengan beberapa pertemuan.
Hasil penelitian dapat dipaparkan : Pertama, Bagaimana penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas III Raudlatuthlabin Desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep. Dengan adanya penerapan metode Demonstrasi ini bisa membantu pere pendidik untuk melakukan proses belajar mengajar dan sudah menjadi tanggung jawab guru. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang harus dukuasai guru erat kaitannya dengan penggunaan metode Demonstrasi yang sesuai dengan materi pelajarannya.pendidikan karakter sangat diperlukan karena mampu mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak. Hal tersebut sesuai dengan tuntutan dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Hasil Penelitian sebelum diberikan tindakan kemampuan belajar yang telah mencapai KKM 20%. Setelah dikeni tindakan pada siklus I dengan menggunakan metode Demonstrasi meningkat untuk menyampaikan materi pelajaran, nilai rata-rata kelas meningkat presentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM menjadi 60%. Pada siklus II sebagai perbaikan refleksi dari siklus I, sehingga Kegiatan Belajar siswa lebih meningkat lagi dan melebihi target yang diinginkan. Nilai rata-rata kelas menjadi 80%. Pada siklus II sebagai perbaikan refleksi dari siklus I, Sehinggan Kegiatan Belajar Mengajar siswa lebih meningkat lagi dan melebihi target yang diinginkan. Nilai rata-rata kelas menjadi 88% dan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai KKM menjadi 85%, selain itu, hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 56,77% dan pada siklus II meningkat yaitu 85,76%. Kedua,Bagaimana penerapan dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga muncul pendidikan karakter di MI Raudlatuthalibin Desa Batubelah Timur Dasuk Sumenep. Pendidikan bahasa indonesia disekolah diharapkan tidak hanya mampu mengembangkan akademik saja, tetapi juga mampu membentuk karakter atau pribadi peserta didik. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan kedalam berbagai segi pendidikan disekolah, salah satunya yaitu kedalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa indonesia merupakan salah satu materi yang terkandung dalam pembelajaran. Bahasa indonesia dimasuki nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi maupun uji kompetensi. Mempunyai perilaku yang sopan disetiap kesehariannya. Mampu menghargai stau sma lain ketika berada dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Menghormati yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda
Tidak tersedia versi lain