Text
EFEKTIFITAS MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI AL-FALAH X LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ise Windarsih, 2019. Efektifitas Media Visual Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MI Al-Falah X Larangan Pamekasan. Lulusan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Media Visual, Efektifitas.
Metode yang sering digunakan oleh guru IPA dalam mengajar pelajaran yakni metode ceramah. Metode ini dirasa kurang tepat karena menimbulkan kebosanan pada siswa sehingga siswa kurang memperhatikan pelajaran. Antusias siswa dalam mengikuti pelajaran pun juga kurang. Materi IPA yang dipelajari dan dikaji mempunyain sudut pandang dan ruang lingkup yang luas. Perlu adanya media yang dapat membantu siswa memahami dan mengatasi keterbatasan siswa karena sudut pandang dan ruang lingkup yang luas. Dari permasalahan tersebut diatas ada satu masalah utama yang perlu mendapat perhatian, yaitu kurang maksimalnya penggunaan media dalam pembelajaran IPA. Untuk itu perlu adanya kajian secara komprehensif untuk mengetahui penggunaan media untuk menunjang prestasi siswa dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu, guru harus memberikan motivasi kepada siswa agar siswa di kelas sangat bersemangat untuk belajar IPA.
Adapun konteks penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan media visual, bagaimana efektifitas media visual. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui proses penggunaan media visual. (2) untuk mengetahui efektifitas media visual.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif sedangkan metode penelitiannya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Al-Falah X Larangan Pamekasan.
Hasil dari penelitian ini adalah Proses penggunaan media visual adalah Siswa memahami materi yang sudah di paparkan oleh guru dengan menggunakan media visual gambar, guru membawa beberapa gambar dan menjelaskannya, media visual gambar sangat membantu sekali dalam belajar karena siswa menjadi semangat dan lebih aktif di kelas. Sehingga membantu siswa memahami dan menangkap materi pelajaran yang guru sampaikan. Sedangkan efektifitas media visual adalah saat ketika pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi pembelajarannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru sehingga pembelajaran dikatakan efektif.
Tidak tersedia versi lain