Text
PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA AL-HUSAINI PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Sulaiha, 2020, Pemanfaatan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Husaini Pegantenan Pamekasan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing:Dr. Buna’i, S.Ag.,M.Pd.
Katakunci: media, audioisual, motivasi, aqidah akhlak
Media audiovisual merupakan media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Kegunaan media dalam proses pembelajaran dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata maupun kalimat, karena sasaran penggunaan media audiovisual disini agar siswa mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, serta siswa dapat terdorong dalam belajar. Anjuran dalam memanfaatkan media pembelajaran terkadang sukar dilaksanakan disebabkan sarana dan prasarana yang terbatas. Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti merumuskan permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (a) Bagaimana cara memanfaatkan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Husaini Pegantenan Pamekasan?, (b)Apa saja Faktor-Faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media Audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Husaini Pegantenan Pamekasan?, (c) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah digunakan media audiovisual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Husaini Pegantenan Pamekasan?.
Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, sedangkan sumber datanya manusia dan non manusia, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data melalui tiga tahapan yaitu: Reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Berkaitan dengan Pemanfaatan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Husaini Pegantenan Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanya disesuaikan dengan materi. Dalam penggunaannya terdapat faktor pendukung yaitu keterampilan guru dalam menggunakan Audiovisual, perhatian siswa dalam kegiatan belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kecerdasan siswa yang berbeda-beda, ketersediaan proyektor yang terbatas. manfaatnya tidak hanya terdapat pada proses pembelajaran namun seusai pembelajaran juga sangat bermanfaat bagi motivasi siswa.
Tidak tersedia versi lain