Text
IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AL-AZHAR PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Aspek Perkembangan Bahasa
Bahasa bagi seorang anak sangatlah penting. Bahasa merupakan suatu bentuk menyampaikan pesan terhadap segala sesuatu yang diinginkan. Dengan bahasa, orangtua atau pendidik akan tahu apa yang menjadi keinginan anaknya. kegiatan bernyanyi tidak bisa terlepas dengan anak usia dini. Anak sangat suka bernyanyi sambil bertepuk tangan dan juga menari. Dengan menggunakan nyanyian dalam setiap pembelajaran anak akan mampu merangsang perkembangannya, khususnya dalam berbahasa dan berinteraksi dengan lingkungannya, Bagi seseorang, bahasa sangatlah penting sehingga harus ditanamkan sejak usia dini agar seorang anak memiliki kemampuan berbahasa yang baik ketika dewasa nanti. Sebab, bahasa cukup diperlukan dalam berkomunikasi dengan lingkungan dalam suatu masyarakat.
Dalam penelitian ini ada dua permasalahan yang akan di bahas, pertama, Bagaimana implementasi metode bernyanyi dalam aspek perkembangan bahasa anak usia dini di TK Al- Azhar Pagendingan Galis Pamekasan, kedua, Apa saja manfaat implementasi metode bernyanyi dalam aspek perkembangan bahasa anak usia dini di TK Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai informasi dalam penelitian ini antara lain, kepala TK Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan dan Guru TK Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan.
Hasil dari penelitian menunjukan implementasi Dalam pengimplementasian metode bernyanyi yang difokuskan pada aspek perkembangan bahasa guru melakukan kegiatan awal, dalam kegiatan ini guru membuka pelajaran dengan salam, do’a, mengingatkan tentang pelajaran sebelumnya, dan memberikan pemanasan. Sedangkan dalam kegiatan inti guru mengimplementasikan metode bernyanyi berdasarkan RPPH yang telah dibuat sebelumnya.
Setelah semua kegiatan inti telah terlaksana maka guru melaksanakan kegiatan akhir dengan memberikan pesan-pesan, menginformasikan kegiatan untuk esok hari, berdoa setelah kegiatan, doa penutup dan salam. Manafaat implementasi metode bernyanyi dalam aspek perkembangan bahasa anak usia dini di Tk Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan yaitu, anak semangat untuk mengikuti pelajaran ,membangkitkan minat dan motivasi anak untuk belajar, mendorong anak untuk aktif dikelas.
Dari pernyataan diatas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran ini dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan bahasa anak usia dini melalui bernyanyi yang diberikan oleh guru. peneliti menyarankan kepada guru untuk memberikan lagu lagu yang menarik sehingga membuat suasana kelas menjadi hidup dan peserta didikmenjadi lebih aktif.
Tidak tersedia versi lain