Text
ANALISIS STRATEGI PENGGUNAAN IKLAN DALAM MEMPROMOSIKAN BAHAN BANGUNAN DI UD. KAPUAS JAYA PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Laila Syafiatina,2019, Analisis Strategi Penggunaan Iklan dalam Mempromosikan Bahan Bangunan di UD. Sahabat Pamekasan, Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimnbing: DR. H. Abdul Mukti Thabrani, Lc.M.HI
Kata Kunci : Strategi, Iklan, Promosi
Di era modern, iklan bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat. Secarasederhana iklan merupakan sebuah bentuk promosi atau penyampaian pesan, dimanapesan tersebut berisi informasi tentang suatu produk, baik barang maupun jasa yangingin ditawarkan kepada masyarakat. Iklan telah menjadi salah satu alternatif bagimasyarakat untuk mengetahui informasi mengenai suatu produk yang diproduksi olehpara pengiklan. Iklan biasanya disampaikan melalui media massa, baik cetak maupunelektronik agar dapat dikenal, diterima dan disukai oleh masyarakat. Salah satu mediayang memuat iklan adalah televisi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi penggunaan iklan dalam mempromosikan bahan bangunan dan mengetahui seberapa efektifnya terhadap penjualan UD. Sahabatproduk. Perusahaan mengiklankan Toko UD. Sahabat yang bergerak di bidang bahan bangunan dengan menggunakan jasa periklanan TV dalam negeri serta memperhatikan iklan dalam perspektif ekonomi Islam.
Peneliti menggunakan jenis penelitiam lapangan (field research) dengan penedekatan peneltian kualitatif yang bersifat deskriotif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya, data yang dikumpulkan dan disusun serta dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yakni mengumpulkan data tentang Analisis Strategi penggunaan iklan dalam mempromosikan bahan bangunan di UD. Sahabat untuk diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, Strategi penggunaan iklan ini memang perlu dilakukan oleh UD. Sahabat melihat banyak sekali pesaing yang juga bergerak di bidang bangunan, karena untuk memikat hati konsumen UD. Sahabat harus berbeda dari toko yang lain. Kedua, Efektifitas startegi penggunaan iklan yang dilakukan UD. Sahabat mendapatkan nilai dan hasil positif diantaranya mengingkatnya penjualan, banyak dikenal konsumen dari dalam maupun luar kota, dan mampu bertahan dalam pangsa pasar. Ketiga, Strategi penggunaan iklan sebagai bahan promosi di pandang dari perspektif ekonomi Islam, UD. Sahabat juga selalu memerhatika syari’at islam dalam menayangkan iklan.
Tidak tersedia versi lain