Text
PENGARUH PRODUCT QUALITY DANBRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAKE ANITA BAKERY DI KOTA PAMEKASAN
ABSTRAK
Shubhan Thowil, 2020, Pengaruh Product Quality dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Cake Anita Bakery di Kota Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Lely Shofa Imama, Lc., M.S.I
Kata Kunci: Product Quality, Brand Equity, dan Keputusan Pembelian
.
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Strategi pemasaran tidak hanya diperuntukkan bagi usaha berskala besar saja.Usaha kecil juga membutuhkan strategi pemasaran untuk mengembangkan usahanya, karena seringkali pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah product quality dan brand equity mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembeliancake Anita Bakery di Kota Pamekasan ?; kedua, seberapa besar pengaruh product qualitydan brand equity terhadap keputusan pembeliancake Anita Bakery di Kota Pamekasan ?; ketiga, manakah variabel X (product quality dan brand equity) yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian cake Anita Bakery di Kota Pamekasan ?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi pada penelitian ini berdasarkan jangka waktu yang telah ditentukan oleh pihak Anita Bakery yaitu 2 hari dengan memperoleh jumlah sampel sebanyak 70 orang.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan data mentah, statistik deskriptif, kualitas data, asumsi klasik, dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa uji F menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel product quality dan brand equity secara bersama/simultan terhadap keputusan pembelian pada Produk Cake Anita Bakery di Kota Pamekasan dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,346, hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel product quality dan brand equity terhadap keputusan pembelian sebesar 34,6% sedangkan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial: pertama,product quality (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,052 lebih besar dari 0,05 (α) dan nilai t-hitung (1,974) < t-tabel (1,996); kedua,brand equity (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (α) dan nilai t-hitung (4,301) > t-tabel (1,996).
Tidak tersedia versi lain