Text
PENDEKATAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Mar’atul Jamilah, 2019, Pendekatan Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing, Dr. H. Mohammad Kosim, M, Ag.
Kata Kunci : Pendekatan Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendekatan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu rancangan yang di dalamnya berisi tentang bagaimana guru mengelola kelas dengan baik tentunya harus juga melihat pada kondisi kelas yang ada agar menimbulkan aktivitas belajar mengajar yang kondusif.
Ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, pendekatan apa yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di MAN 1 Pamekasan, kedua, bagaimana pelaksanaan pendekatan yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di MAN 1 Pamekasan.
Adapun yang menjadi fokus lokasi penelitian dalam skripsi ini adalah MAN 1 Pamekasan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data non statistik, dalam penelitian ini yang dianalisis adalah data yang yang terhimpun dalam transkip wawancara, catatan lapangan serta dokumen. Adapun tahapan-tahapan analisis dalam penelitian ini adalah: 1) Reduksi data, 2) Display data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di MAN 1 Pamekasan dilakukan dengan maksimal. Adapun pendekatan pengelolaan kelas yang digunakan guru adalah pendekatan kekuasaan, kebebasan, pengajaran, suasana emosi dan hubungan sosial, proses kelompok, dan pendekatan elektis atau pluralistik. 2) pelaksanaan pendekatan yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di MAN 1 Pamekasan sudah benar dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi kelas yang ada sehingga motivasi belajar peserta didik meningkat.
Sehingga dengan demikian diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademis pada umumya dan di MAN 1 Pamekasan untuk guru lebih kreatif dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Agama Islam. Karena pendekatan pengelolaan kelas sangat penting dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang baik juga menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena pada hakikatnya pendekatan pengelolaan kelas yang dilakukan guru untuk membuat siswa nyaman dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain