Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN SUKARELA (PAKET MAULID DAN RAMADHAN) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KOPERASI PONDOK PESANTREN ANEKA USAHA MAMBAUL ULUM BATA-BATA PAMEKASAN
ABSTRAK
M. Nur Ali, 2020, Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sukarela (Paket Maulid dan Ramadhan) dalam Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Pondok Pesantren Aneka Usaha Mabaul Ulum Bata-Bata Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Suaidi, S.H.I., M.S.I
Kata Kunci: Strategi Pemasaran
Eksitensi Lembaga keuangan Syariah memiliki sistem dan makanisme khusus yang dapat membedakan satu dengan yang lainya, di Lembaga Syariah ini tidak dikenal dengan istilah “bunga” baik saat menghimpun dana dari masayarakat maupun dalam pembiayaan/dana usaha yang membutuhkan, sistem bunga dapat merugikan penghimpun modal baik dalam bentuk suku bunga tinggi maupun rendah. Pentingya Koperasi Syariah bagi masyarakat sangat penting karena yang menjadi prioritas utama untuk kesejahteraan masyarakat berdasarkan tujuan dari koperasi itu sendiri dan para anggota koperasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana Strategi Pemasaran, Kedua, Bagaimana kendala Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sukarela (Paket Maulid dan Ramadhan) dalam Meningakat Jumlah Anggota di Koperasi Pondok Pesantren Aneka Usaha Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain metode analisis yang digunakan adalah reduksi data, model data (data display), dan penarikan/vertifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Strategi Pemasaran yang diterapkan oleh Kopontren AUBA adalah pertama, melakukan segmentasi pasar berupa santri dan masyarakat. Kedua, Menyebarkan brousur dan benner kepada santri dan masyarakat. ketiga, Melakukan sosialisasi produk simpanan sukarela Paket Maulid dan Ramadhan kepada santri dan masyarakat. Kedua, Kendala di Koperasi Pondok Pesantren Aneka Usaha Mambaul Ulum Bata-bata Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan yang pertama, Kurangnya kepercayaan dan pemahaman masyarakat tentang produk simpanan sukarela paket Ramadhan dan Maulid. Kedua, Banyak masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi sehingga tidak mau menabung karena uangnya di pake untuk keperluan sehari-hari
Tidak tersedia versi lain