Text
ANALISIS ALIH KODE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA GURU DAN SISWA KELAS VII DI SMP HIDAYATUL YAQIN DESA BAJANG KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ribudiyanto, 2020, Analisis Alih Kode dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa
Indonesia Guru dan Siswa Kelas VII di SMP Hidayatul Yaqin Desa Bajang
Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa
Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Hj. Iswah Adriana,
S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci : Alih Kode Guru dan Siswa, Kegiatan Pembelajaran Bahasa
Indonesia
Penelitian ini mengkaji tentang analisis alih kode dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII di SMP Hidayatul Yaqin
Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Fokus penelitian ini
adalah: Pertama, mendeskripsikan bentuk alih kode dalam kegiatan pembelajaran
bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII. Kedua, mendeskripsikan jenis alih
kode dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII.
Ketiga, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode
dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII di SMP
Hidayatul Yaqin Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber datanya adalah guru dan siswa, sedangkan datanya berupa tuturan guru
dan siswa yang mengandung alih kode dalam hal ini diperoleh dengan
pengumpulan data penelitian melalui teknik lanjutan dari metode simak yaitu
berupa teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan metode
cakap. Analisis data penelitian dilakukan melalui metode padan intralingual.
Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan,
triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini Pertama, bentuk alih kode dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII meliputi 19 data tuturan
yang mengandung bentuk alih kode antarbahasa maupun antarragam, 11 data
tuturan mengandung bentuk alih kode yang dilakukan oleh guru, 8 data tuturan
mengandung bentuk alih kode yang dilakukan oleh siswa. Kedua, jenis alih kode
dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII meliputi
18 data tuturan temasuk jenis alih kode ke dalam (Internal Code Switching), 15
data tuturan dari bahasa Indonesia ke bahasa Madura, 3 data tuturan dari bahasa
Madura ke bahasa Indonesia, dan 1 data tuturan termasuk jenis alih kode ke luar
(External Code Switching) yaitu dari bahasa Madura ke bahasa Inggris. Ketiga,
faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode dalam kegiatan pembelajaran
bahasa Indonesia guru dan siswa kelas VII meliputi: (a) Perubahan situasi tutur,
terdapat 12 data tuturan dari situasi resmi ke situasi tidak resmi dan 1 data tuturan
dari situasi tidak resmi ke situasi resmi, (b) kehadiran orang ketiga, terdapat 2 data
tuturan, (c) sekedar bergengsi, terdapat 4 data tuturan, (d) penutur sebagai
dwibahasawan, (e) penutur dan pribadi penutur, (f) tempat tinggal, dan (g) fungsi
dan tujuan.
Tidak tersedia versi lain