Text
PENGGUNAAN METODE TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS I MADARASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN PANCORAN KADUR PAMEKASAN
Abstrak
Muhammad Erfan Effendi, 2020, “Penggunaan Metode Tebak Kata Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an pada siswa Kelas I Madarasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pancoran Kadur Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata kunci: Metode Tebak Kata, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian anak-anak belum menguasai kosa kata hal ini terlihat dari penerapan metode tebak kata yang digunakan, kadang ada juga anak yang tidak mau berbicara jika ada pernyataan dari guru atau dalam kegiatan lain, selain itu anak belum dapat menyimak dan mengerti maksud yang disampaikan oleh guru, sehingga mereka sulit melaksanakan apa yang diinginkan oleh seorang guru. Hal ini tentunya akan menghambat motivasi anak, di sinilah peranan guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah ibtida’iyah..
Berdasarkan konteks penelitian, fokus penelitian ini: 1) Bagaimana penggunaan metode tebak kata dalam proses pembelajaran al-qur’an dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Al-Qur’an Kelas I Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pancoran Kadur Pamekasan? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode Tebak Kata dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an kelas I di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pancoran Kadur Pamekasan?
Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui; interview atau wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah guru, Kepala Sekolah dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan peneliti, wawancara mendalam, ketekunan/keajekan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan metode Tebak Kata dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pancoran Kadur Pamekasan sangat baik di gunakan oleh guru utamanya mata pelajaran Al-Qur’an yang disertai praktek hal tersebut bisa dilihat dengan adanya rasa aktif dan rasa senang serta antusias yang tinggi bagi siswa tersebut dalam mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode Tebak Kata. 2) Faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode Tebak Kata dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pancoran Kadur Pamekasan yang dihadapi guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar faktor penghambat salah satunya meliputi: a) siswa sering melamun, b) suka ribut, c) ada yang kurang suka dengan praktek, d) minimnya persediaan waktu. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: a) sarana dan prasarana yang memadai, b) suasana kelas yang nyaman, materi Al-Qur’an yang mudah difahami, dan c) kemapuan siswa yang cukup baik serta motivasi dari guru.
Tidak tersedia versi lain