Text
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMP QURRATUL UYUN TRASAK LARANGAN PAMEKASAN
Abstrak
Amelia Safitri, 2020, Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap
Prestasi Belajar PAI di SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan, Skripsi,
Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa
Media pembelajaran merupakan salah satu upaya peningkatan interaksi
belajar mengajar para guru di SMP Qurratul Uyun menggunakan beberapa media
pembelajaran seperti audio visual, poster, digunakan pada pembelajaran PAI materi
tentang cara berwudhu, cara salat, dll. Tape recorder, untuk lagu-lagu materi
Pendidikan Agama Islam. Peta, sebagai media pembelajaran sejarah atau kisah nabi.
Agar terlaksana suatu kegiatan yang pertama harus ada dorongan untuk
melaksanakan kegiatan tersebut, sehingga akan menghasilkan prestasi-pretasi belajar
pada siswa. Aspek motivasi ini sangat penting, untuk meningkatkan prestasi siswa.
Siswa harus mempunyai motivasi untuk mengikuti kegiatan belajar terutama dalam
proses belajar mengajar. Pada permasalahan yang ada, penelitian ini adalah bertujuan
: untuk mengetahui Pemanfaatan media pembelajaran PAI yang telah digunakan di
SMP Qurratul Uyun, untuk mengetahui pretasi belajar siswa di SMP Qurratul Uyun
serta untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran di SMP Qurratul
Uyun. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif.
Ada dua rumusan masalah dalam penelitian yang menjadi kajian utama
penelitian ini, yaitu (1) Adakah Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran
Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMP Qurratul Uyum Trasak Larangan Pamekasan.
(2) Seberapa Besar Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi
Belajar PAI di SMP Qurratul Uyun Trasak Larangan Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
korelasional, sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.
Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik
korelasi product moment karena penelitian ini hakikatnya ingin meneliti hubungan
dua variabel penelitian setiap variabelnya berjenis data interval.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pemanfaatan media
pembelajaran terhadap prestasi belajar PAI di SMP Qurratul Uyum Trasak Larangan
Pamekasan. Cukup signifikan, terbukti bahwa nilai “r” kerja (yakni 0,622) lebih besar
dari nilai “r” tabel product moment dimana N = 96 dalam interval kepercayaan 95%
diperoleh nilai sebesar 0,202 dan dalam interval kepercayaan 99% di peroleh nilai
sebesar 0,263. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan penulis yang
menyatakan Ada Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Terhadap Prestasi
Belajar Siswa di SMP Qurratul Uyum Trasak Larangan Pamekasan “diterima”. (2)
besar pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar PAI di
SMP Qurratul Uyum Trasak Larangan Pamekasan adalah kuat. Hal ini dibuktikan
dengan hasil analisis data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,60 –
0,799.
Tidak tersedia versi lain