Text
UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN KURIKULUM 2013 YANG EFEKTIF DI MI RIYADATUL MUBTADIIN KLOMPANG BARAT PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurhasanah, 2020, upaya guru aqidah akhlak dalam mewujudkan kurikulum 2013 yang efektif di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Sri Nurhayati, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru Aqidah Akhlak, Kurikulum 2013 yang Efektif
Upaya guru dalam mewujudkan kurikulum 2013 yang efektif merupakan hal yang sangat diharapkan oleh semua kalangan, baik itu pemerintah, sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, guru dan masyarakat. Kurikulum 2013 berbasis kompetensi memfokuskan pada pemerolehan kompetensi-kompetensi tertentu oleh peserta didik. Kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru dalam memaksimalkan kemampuan nalar dan keilmuannya karena pembelajaran bersifat tematik-integratif sehingga guru harus memadukan ilmu pengetahuan yang ada dalam mata pelajaran yang lain untuk mencapai kompetensi yang diajarkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana implementasi kurikulum 2013 untuk materi aqidah akhlak di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, kedua, Apa saja faktor penghambat dalam mewujudkan kurikulum 2013 yang efektif di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis dikarenakan data yang di ambil berupa kata- kata bukan angka. Prosedur pengumpulan data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak, siswa/ siswi MI Riyadatul Mubtadiin. Analisis data berupa cheking (pengecekan), organizing (pengorganisasian), dan coding (pemberian code), sedangkan pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam implementasi kurikulum 2013 untuk materi aqidah akhlak di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan ditemukan upaya guru aqidah akhlak dalam mewujudkan kurikulum 2013 yang efektif, dengan ,1). guru melakukan variasi belajar dengan pengguaan multi metode, seperti metode ceramah, demonstrasi, Tanya jawab dan penugasan 2). Materi dan praktik sama-sama dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dengan mudah siswa akan mengerti, 3). Adanya multi starategi seperti strategi exspository learning dan direct instruction. Kedua, faktor penghambat dalam mewujudkan kurikulum 2013 yang efektif di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, yaitu, 1). kurangnya media pembelajaran.,2). Minimnya sumber belajar/buku pelajaran dari pemerintah.,3). Masa transisi dari TK ke SD/MI yang mengakibatkan siswa sulit beradaptasi dengan perubahan struktur belajar.
Tidak tersedia versi lain