Text
PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN TABAROK PADA BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Luluk Farhatin Istiana, 2019, Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Tabarok pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: DR. Rudy Haryanto, MM.
Kata Kunci: Promosi, Brand Image, dan Keputusan Nasabah.
Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Agar bisa berhasil dalam bisnis yang kompetitif, pelaku bisnis harus menawarkan promosi yang tepat dengan pelayanan yang berstandart sehingga akan menciptakan kepuasan pelanggan yang merupakan indikator penting untuk pengukuran kinerja pengoperasian bisnis perusahaan. Hal ini karena kepuasan pelanggan dapat digunakan sebagai kekuatan untuk pendorong bagi masa depan market share dan profitabilitas suatu perusahaan. Oleh karena itu bisnis suatu perusahaan akan selalu berupaya untuk menjaga hal yang terbaik bagi pemberian pelayanan yang dapat memuaskan para pelanggan.
Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pengaruh, besarnya pengaruh serta variabel yang paling berpengaruh dari judul penelitian “pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan tabarok pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal (sebab-akibat). Sampel penelitian ini berjumlah 250 orang dengan teknik sampling incidental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket/kuesioner. Model analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,340 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016 (lebih kecil dari signifikan 0,05), sedangkan nilai Ftabel sebesar 1,703. Hal ini berarti bahwa nilai Fhitung 4,340> Ftabel 1,703 dan tingkat signifikan 0,016 < 0,05, sehingga keputusannya yaitu variabel X (promosi dan brand image) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. (2) dari hasil analisis data terlihat bahwa besarnya Adjust R2 adalah 0,675 atau 67,5%. Hal ini berarti sebesar 67,5% kemampuan model regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 67,5% variabel keputusan nasabah dijelaskan oleh variabel independen (promosi dan brand image). Sedangkan, sisanya (100% - 67,5% = 32,5%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini. (3) dari hasil uji t variabel promosi (X1) diperoleh thitung sebesar 1,980 dengan taraf sig. 0,000. Nilai ttabel untuk model regresi yaitu 1,969. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 1,980 >ttabel1,969, sedangkan untuk variabel brand image (X2) diperoleh thitung sebesar 2,043 dengan taraf sig. 0,001. Nilai ttabel untuk model regresi adalah 1,969. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,001< 0,05 dan nilai thitung 2,043> ttabel1,969. Sehingga keputusannya variabel brand image lebih berpengaruh (dominan) terhadap keputusan nasabah tabarok pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain