Text
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF 2 BADDURI PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Rohman,2019. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Ma’arif 2 Badduri
Pademawu Pamekasan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, jurusan
Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si
Kata kunci: Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak lembaga pendidikan yang
menerapkan program Bimbingan Belajar di luar jam pelajaran aktif atau setelah
pulang sekolah dengan harapan membuat Prestasi belajar siswa meningkat, sesuai
dengan pengalaman peneliti dulu pada saat sekolah dan mengikuti program
bimbingan belajar banyak siswa yang mengeluh capek karna pulang sekolah
masih ada pelajaran tambahan. Dari situlah peneliti tertarik untuk meneliti hal
tersebut apakah sepadan lelah yang siswa alami dengan pengaruh dari bimbingan
tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua masalah yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama adakah pengaruh bimbingan belajar
terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMP Ma’arif 2 Badduri Pademawu Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh
bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMP Ma’arif 2 Badduri Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kolerasi. Sedangkan teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic
dengan rumus yang digunakan adalah Produck Momen dan instrument yang
digunakan yaitu angket, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Adapun
penyebaran angket yang dilakukan dalam penelitian ini pada tanggal 02 Agustus
2019 pada jam 08:30, obserfasi dilakukan pada tanggal 03 Agustus 2019 pada jam
14:00, dan dokumentasi dilakukan sejak 31 Juli- 08 Agustus 2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama ada pengaruh bimbingan
belajara terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama
islam di SMP Ma’arif 2 Badduri Pademawu Pamekasan, hal ini dibuktikan dengan
nilai dari data statistic yang mmenunjukkan bahwa, “r” kerja yakni 0,338 lebih
besar dari “r” tabel product moment dimana N=35 dengan interval kepercayaan
95% dengan nilai sebesar 0,334, maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antar
variable x dengan variable Y. dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan
penulis mengatakan ada pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar
siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Ma’arif 2 Baddurui
Pademawu pamekasan “diterima”. Kedua besar pengaruh bimbingan belajar
terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMP Ma’arif 2 Baddurui Pademawu pamekasan adalah Rendah. Hal ini
dibuktikan dengan analisis data statistic yang menunjukkkan bahwa “r” kerja
yakni 0,338 berada pada interval koefisien 0,200-0,400.
Tidak tersedia versi lain