Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN TABAROK (TANPA AGUNAN DAN BAROKAH) DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Badrussalam, ”Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan TABAROK (Tanpa
Agunan dan Barokah) di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan”, Skripsi
Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing H. Mohammad Bashri Asyari, M.A
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan
Barokah)
Sebagai salah satu Bank Syariah yang ada di indonesia, PT. BPRS Sarana
Prima Mandiri Pamekasan meluncurkan produk unggulan yaitu produk
Pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan Barokah) yang dikhusukan kepada
pengusaha mikro saja (non online). Produk pembiayaan Tabarok ini dapat
membantu calon nasabahnya dalam keuangannya karena pembiayaan Tabrok ini
selain tanpa agunan produk Tabarok ini sangat mudah dalam hal persyaratan dan
pencairannyapun cukup cepat bahkan dalam hitungan jam sudah bisa dicairkan.
Pembiayaan Tabarok ini hanya dikhususkan kepada pengusaha ekonomi mikro
yang rill dan tidak untuk pengusaha online. Produk pembiayaan tabarok ini
menggunakan prinsip bagi hasil. PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
menerapkan Strategi Pemasaran. Strategi pemasaran merupakan rencana yang
menyeluruh dan terpadu bagi setiap perusahan dalam memasarkan suatu produknya
demi keefektivitasan suatu produknya. Berdasakan hal tersebut, maka tujuan dari
peelitian ini peneliti ingin menetahui cara Strategi Pemasaran yang digunakan
dalam memasarkan suatu produknya hususnya pada produk Pembiayaan Tabarok
(Tanpa Agunan dan Barokah).
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskirptif kualitatif, yaitu prosedur
penelitian yang meghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
(wawancara) dari orang-orang atau perilaku yang diamati.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Stratgi Pemasaran Produk
Pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan Barokah) di PT. BPRS Sarana Prima
Mandiri Pamekasan adalah dengan cara melakukan suatu kebijakan dengan
menggunakan kebijakan bauran pemasaran, yang dikenal dengan istilah “4P”, yaitu
Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), hanya
saja difokuskan kepada satu poin yaitu promosi. Promosi disini memiliki 4
komponen diantaranya : iklan (advertising), penjualan pribadi (personal selling),
Pameran dan Seminar. Dalam periklanan dilakukan dengan cara menyampaikan
informasi produk melalui media massa media cetak seperti brosur dan banner.
Penjualan pribadi (personal selling) dimana seorang marketing mendatangi
langsung/terjun langsung ke lapangan. Akan tetapi yang sering digunakan adalah
periklanan dan personal selling. Sehingga dengan 4 (Empat) komponen promosi
tersebut Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Tabarok (tanpa agunan dan
barokah) di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan bisa efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain