Text
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI TEMAN SEBAYA DI SMP NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Dwi Ananda Nur Umami, 2019, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Teman Sebaya di SMP Negeri 1 Pamekasan, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M. Pd.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Komunikasi Teman Sebaya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi sehingga apa yang ingin disampaikan oleh siswa tersebut bisa menghambat komunikasinya yang berdampak pada pembelajaran disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi teman sebaya di SMP Negeri 1 Pamekasan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Bagaimana keterampilan komunikasi siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pamekasan? 2) Bagaimana upaya guru BK dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok? 3) Bagaimana metode atau teknik layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pamekasan?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Keterampilan komunikasi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pamekasan sangat beragam, ada yang sudah terampil dalam berkomunikasi dengan guru, teman dan semua elemen yang ada disekolah namun peneliti melihat masih ada siswa yang kurang dalam berkomunikasi, dalam hal ini masih ragu-ragu dan masih malu untuk menanggapi pertanyaan dari gurunya dan anak yang tertutup (introvet) juga menjadi alasan kurangnya siswa dalam berkomunikasi. Kedua, Upaya guru bk dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pamekasan menunjukkan bahwa guru bk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, dimana nantinya siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok akan diberikan topik pembahasan. Ketiga, Metode atau teknik yang digunakan yaitu menggunakan metode diskusi kelompok. Didalam teknik ini siswa diberikan kesempatan yang luas untuk berpendapat, dan siswa juga memberikan saran dan nasihat kepada anggota kelompok lainnya. Hal ini juga dapat melatih siswa untuk dapat hidup secara berkelompok dengan bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengatasi masalah serta dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik.
Tidak tersedia versi lain