Text
PROFESIONALITAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM PERENCANAAN KARIR SISWA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Fareka Umamah, 2020, Profesionalitas Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Program Perencanaan Karir Siswa Di MAN 2 Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dra. H. Waqiatul Masrurah, M.Si
Kata Kunci: Profesionalitas, Guru Bimbingan Konseling, Perencanaan Karir.
profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian,kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau model kebijakan yang komprehensif mulai tingkat sekolah sampai ke kementrian sehingga dengan beban kerja yang ada masih tetap mampu mengembangkan profesionalitas. Guru bimbingan dan konseling yang profesionalitas adalah guru yang telah menyelesaikan pendidikan akademiknya strata sati (S-1) program bimbingan dan konseling yang berkemampuan (kompeten).
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan Pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni mengumpulkan data tentang Profesionalitas Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Program Perencanaan Karir Siswa Di MAN 2 Pamekasan yang disertai analisis untuk diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa yang pertama Profesionalitas guru bimbingan konseling di MAN 2 Pamekasan yaitu para guru sudah mampu manangani dan memberikan arahan-arahan pada setiap permasalahan siswa sesuai dengan kerangka teori serta guru bimbingan konseling di MAN 2 Pamekasan menggunakan strategi atau teknik yang sesuai dengan masalah yang dihadapi siswa dan mengetahui kode etik bk, kemudian teknik-teknik yang diketahui guru bk tersebut harus di implementasikan dan dikembangkan.
Kedua, Profesionalitas guru bimbingan konseling di MAN 2 Pamekasan dalam program pengembangan karir siswa tampak pada apa yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling yaitu terdiri dari mengidentifikasi minat dan kemampuan siswa, mengeksplorasi pilihan siswa, merancang tujuan dan mengimplementasikan rencana siswa. Sehingga siswa nantinya mampu berpikir, bekerja, termotivasi, dan fleksibel dalam pengambilan keputusan mereka. hal penting yang berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan karier siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu perencanaan karier, eksplorasi karier, informasi karier tentang dunia kerja, pengetahuan tentang kelompok kerja, orientasi karier dan yang terakhir adalah pengambilan keputusan.
Ketiga, Upaya-upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam mengembangkan perencaan karir siswa yaitu pertama menetapkan meteri layanan yang sesuai dengan kebutuhan atau masalah siswa. Kemudian menetapkan tujuan yang ingin dicapai, menetapkan bahan, sumber bahan, dan peranannya masing-masing serta menetapkan metode, teknik khusus media dan alat yang akan digunakan.Selain itu guru bimbingan konseling di MAN 2 Pamekasan juga menerapkan adanya layanan informasi contohnya seperti layanan informasi kejuruan yaitu melalui tanya jawab.
Tidak tersedia versi lain