Text
PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF UNTUK MEMINIMALISASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rizal Riyadi, 2020, Pelaksanaan Layanan Informasi Sebagai Tindakan Preventif Untuk Meminimalisasi Perilaku Bullying Siswa Di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembingbing: Dr. H. Ali Nur Hadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Informasi dan Bullying
Penelitian ini dilatar belakangi bullying siswa di sekolah seperti memukul, melempar, menendang, menyembunyikan dan merampas benda milik korban, mengejek, mengolok-olok, memanggil dengan nama buruk, membentak, dan mengancam. Maka dari itu peran dari guru bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying tersebut dengan memberikan layanan informasi kepada siswa. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan?; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan?. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi pada guru bimbingan dan konseling agar dapat memaksimalkan pemeberian layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa sehingga dapat tercapai suatu tujuan pendidikan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fokus penelitian pertama tentang pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan ditemukan: 1) Guru BK melaksanakan layanan informasi menggunakan media pamflet/leaflet. 2) Guru BK memberikan layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa. Pada fokus penelitian kedua tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif untuk meminimalisasi perilaku bullying siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Pamekasan ditemukan: 1) Faktor pendukungnya ada siswa yang memberitahu kepada guru BK bahwa temannya sudah dibully; 2) Faktor penghambatnya siswa tidak memberitahu bahwa dia sudah dibully.
Tidak tersedia versi lain