Text
ANALISIS SWOT PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME ANGGOTA DI KOPERASI BMT MAWADDAH PUSAT POTOAN LAOK PALENGAAN
ABSTRAK
Umar Fauzi,2019,Analisis SWOT Pembiayaan Murabhah Dalam Meningkatkan Volume Anggota”, Skripsi, Program Studi Peerbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam, Pmbimbing, Dr. Zainal Abidin, M.E.I.
Kata Kunci : Analisis Swot, Pembiayaan Murabahah
BMT Mawaddah Pusat memiiki produk murabahah yang cukup berhasil. Anggota BMT Mawaddah Pusat berasal dari guru, staf dan karyawan yang berjumlah sekitar 2000 anggota. BMT Mawaddah berdiri sekitar 25 tahun dengan jumlah anggota dan transaksi yang ada pada saat ini, dan dapat dikatakan berkembang dengan baik. Perkembangan pembiayaan murabahah cukup beragam.
Fokus dalam penelitian ini, implementasi akad murabahah dan analisis SWOT pada pembiayaan murabahah di BMT Mawaddah Pusat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi akad murabahah dan analisis SWOT pada pembiayaan murabahah di BMT Mawaddah Pusat Desa Potoan Laoak, Palengaan, Pamekasan
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dukumentasi. Informannya adalah manajer, karyawan dan nasabah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, ketekunan pengamatan dan triangulas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kegiatan BMT Mawaddah Pusat dalam Strategi Pemasaran yang paling banyak digunakan adalah dimulai dari tahap promosi yaitu penyebaran Brosur, strategi ini yang paling banyak dilakukan dalam memasarkan produk pembiayaan BMT Mawaddah Pusat karena sangat mudah dipasarkan dan sangat efektif, didalam brosur dimuat berbagai informasi dan Ilustrasi Angsuran Pembiayaan, sehingga sangat menarik baik anggota lama atau calon anggota. dalam Marketing Mix yang dilakukan oleh BMT sudah sesuai dengan apa yang menjadi target sasaran jangka panjang. Tapi, dalam keadaan yang terpaparkan, strategi pemasaran pada BMT belum berjalan sesuai dengan keinginan dan masih banyak kendala- kendala yang perlu diselesaikan. Kedua, a. Kekuatan, Peluang BMT sangat besar untuk lebih besar memaksimalkan lagi program pembiayaan untuk para pedagang, dan usaha kecil lainnya, yaitu dengan memaksimalkan sosialisasi tentang produk-produk BMT Mawaddah Pusatterutama produk pembiayaan mudharabah, b. Kelemahan adalah kurangnya sumber daya manusia untuk memasarkan pembiayaan murabahah hal ini juga menjadi sebab kurang maksimalnya pembiayaan murabahah, c. Peluang, BMT harus membuat inovasi baru untuk program pembiayaan khususnya pembiayaan murabahah itu sendiri agar seluruh anggota yang berstatus pedagang memakai pembiayaan tersebut, d. Ancaman, walaupun adanya kekuatan yang dimiliki BMT Mawaddah, BMT harus tetap terus memperbaiki system-sistem yang ada dan menerapkan prinsip-prinsip kehati-hatian agar tidak mudah untuk digoyahkan.
Tidak tersedia versi lain