Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PRODUK SIMPANAN TABAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI KSPP. SYARIAH BMT NU CABANG LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Fitriyah, 2020, Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Produk Simpanan Tabah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di KSPP Syariah BMT NU Cabang Lenteng Sumenep, Skripsi, Program Studi PBS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Dr. Putri Alfia Halida, Lc, M.TH.I.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)
Semakin banyaknya pertumbuhan bank konvensional dan bank syariah menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam pencarian nasabah. Dengan persaingan yang terjadi, bank-bank harus menyusun strategi-strategi yang efektif agar bank-bank tersebut dapat di minati oleh masyarakat dan dipercayai untuk menghimpun dan menyalurkan dana yang mereka miliki. Strategi yang penting adalah strategi pemasarannya, karena pemasaran merupakan bidang yang paling dinamis dalam area manajemen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala cabang, juru tabungan, dan nasabah KSPP Syariah BMT NU Cabang Lenteng. Kemudian sumber data tersebut di analisis untuk mencapai tujuan akhir melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: pertama, strategi pemasaran KSPP Syariah BMT NU Cabang Lenteng terhadap simpanan tabah dalam meningkatkan jumlah nasabah sebagai berikut: a) pada perencanaan produk KSPPS BMT NU Cabang Lenteng tidak terlepas dari 3S (senyum, sapa, salam) kemudian melakukan strategi pemasaran dengan pengenalan produk simpanan tabah dengan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat untuk mengenalkan produknya agar masayarakat berminat untuk bergabung di lembaga tersebut. b). Penetapan harga yaitu memberikan kenyamanan yakni tidak adanya biaya administrasi bulanan dan bagi hasil produk tabungan tabah itu sendiri serta adanya bonus untuk tabungan dengan jumlah tertentu. c). Menentukan target operasi seerti pasar, toko dan masyarakat kecamatan lenteng dengan bersilaturrahmi dan bersosialisasi ketempat-tempat yang di anggap strategis seperti jama’ah pengajian dan perkumpulan muslimatan. d).promosi yag dilakukan yaitu malalui media sosial seperti whatshap, instagram, facebook, brosur dan banner. Kedua strategi pemasaran produk simpanan tabah di KSPP Syariah BMT NU Cabang Lenteng menunjukkan efektif dengan adanya peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2017 sampai tahun 2019. Pada tahun 2017 menjadi 11 nasabah, keudian mengalami kenaikan pada tahun 2018 menjadi 23 nasabah, dan mengalami peningkatan kembali pada tahun 2019 mencapai 81 nasabah, artinya jumlah nasabah pada tabungan Tabah pada tahun 2017-2019 mencapai 136 penabung.
Tidak tersedia versi lain