Text
PENGARUH KUALITAS JASA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRULINK SYARIAH PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE PAMEKASAN
ABSTRAK
Maftuhatus Soliha, 2019, Pengaruh Kualitas Jasa dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Prulink Syariah PT. Prudential Life Assurance Pamekasan..Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah (PBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar. SE., MM., M.Si
Kata Kunci:.Kualitas Jasa, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah.
Persaingan dalam dunia perasuransian bukan hanya berasal dari persaingan dalam negri saja akan tetapi juga persaingan di dunia internasional, salah satu tantangan terbesar dalam bisnis di era global seperti saat ini adalah menciptakan dan mempertahankan kepuasan dan loyalitas nasabah, karena tidak ada perusahaan yang mampu bertahan dalam jangka panjang tanpa adanya kepuasan dan loyalitas dari nasabah.
Kualitas jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan, Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja produk yang riil/actual dengan kinerja produk yang diharapkan dan Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten di masa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku
Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif pendekatannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian dengan menggunakan analisis data statistik atau angka-angka. Sedangkan jenis penelitian ini adalah regresi linear berganda yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas jasa dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah prulink syariah PT. Prudential Life Assurance Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F hitung sebesar 27, 552 sementara F tabel sebesar 3,20. Nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan F tabel dengan demikian model regresi antara kualitas jasa dan kepuasan terhadap loyalitas dinyatakan fit atau baik. Nilai t hitung kualitas jasa sebesar 2,866 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,011. Nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel, hal ini menunjukkan diterimanya hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan kualitas jasa terhadap loyalitas nasabah prulink syariah PT. Prudential Liife Assurance Pamekasan. Nilai t hitung kepuasan sebesar 5,507 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,011. Nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel dan nilai t hitung kepuasan merupakan nilai yang t hitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai t hitung kualitas jasa, hal ini menunjukkan diterimanya hipotesis kedua yang menyatakan bahwa kepuasan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas nasabah prulink syariah PT. Prudential Life Assurance Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain