Text
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DI SMP NURUL HIKMAH TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahmad Minhaji, 2019, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Muhammad Kosim, M. Ag.
Kata kunci: prestasi belajar, pendidikan, PAKEM
Pendidikan memiliki peranan penting dalam upaya mencapai kesejahteraan bangsa , maka bentuk pembaharuan dalam meningkatkan prestasi belajar perlu dilakukan agar cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam harus dilakukan. Salah satu bentuk pembaharuan sistem pembelajaran dalam pendidikan agamaIislam adalah dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM, model pembelajaran ini memiliki kelebihan dalam menciptakan suasana belajar lebih nyaman dan kondusif, sehingga guru bisa berinovasi dalam mengelola kelas demi menunjang peningkatakan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar pada PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan? Kedua, apa faktor yang mendorong diterapkannya model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan? Ketiga, apa saja faktor yang dapat menghambat penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Tlanakan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dimana sumber data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, serta siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dat, analisis kasus dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, penerapan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Nurul Hikmah Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih efektif dan efesien. Dengan metode ini, siswa lebih aktif, konsentrasi dan peka terhadap materi. Kedua, faktor yang mendorong penerapan model pembelajaran PAKEM, yakni motivasi serta upaya pihak sekolah, baik guru, kepala sekolah, serta siswa, untuk bersama-sama meningkatkan hasil belajar pada pelajaran PAI. Ketiga, faktor penghambat penerapan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa paada pelajaran PAI, yakni sarana dan prasarana serta kesiapan siswa untuk ikut aktif mendukung optimalisasi metode tersebut.
Agar prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan secara optimal, maka pengelola pendidikan senantiasa harus berupaya meningkatkan, mendukung dan memfasilitasi sistem pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain