Text
IMPLEMENTASI STRATEGI HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 SUMENEP
ABSTRAK
Faidlah Ardiyani, 2019. Implementasi Strategi Heuristik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sumenep. Skripsi, Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Hasan, M.Ag
Kata Kunci : Implementasi, Strategi Heuristik, Kecerdasan Intelektual,
Implementasi Strategi Heuristik dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX di MTs Negeri 3 Sumenep merupakan suatu strategi atau cara yang dilakukan oleh semua guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai keberhasilan siswa dalam memperoleh atau menangkap ilmu pengetahun yang diajarkan oleh seorang guru.
0leh karena itu, penelitian ini difokuskan pada masalah: (1) Bagaimana Implementasi Strategi Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan Intelektual siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sumenep? (2) Bagaimana Hasil Implementasi Strategi Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan Intelektual siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sumenep? (3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan Intelektual siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sumenep?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang menjadi sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, serta siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan cara mendeskripsikan data. Teknik yang digunakan dalam pengecekan data yaitu dengan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini: Pertama, Guru mata pelajaran di MTsN 3 Sumenep dalam memulai mata pelajaran selain menggunakan metode ceramah juga menggunakan strategi yang mampu mengasah otak siswa yaitu dengan menggunakan strategi heuristik. Kedua, Dalam mengimplentasikan siswa sangat berperan aktif dalam kelas, karena dalam strategi heuristik sangat membantu kepada siswa untuk lebih kreatif dalam merangkai kata atau jawaban yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Ketiga, terdapat beberapa faktor dalam menggunakan strategi heuristik yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam menggunakan strategi Heuristik yaitu adanya sarana dan prasarana, media pembelajaran seperti LCD dan Proyektor. Faktor penghambat dengan menggunakan strategi heuristik yaitu banyak siswa yang males untuk mencoba, mencari jawaban, semakin canggihnya teknologi dari tahun ketahun, serta semakin maju dan berkembangnya game online.
Tidak tersedia versi lain