Text
IMPLEMENTASI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUN NASYIIN BUNGBARUH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Yunus, 2019, Implementasi Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs.Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Diskusi, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadist.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yang Pertama tentang bagaimana implementasi metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadist di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Kedua membahas tentang manfaat metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadist di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Dan ketiga membahas tentang faktor yang mempengaruhi metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadist di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara observasi serta dokumentasi hal itu dilakukau untuk memperkuat data yang telah peneliti temukan dilapangan.
Dari hasil penelitian yang di dapatkan dari lapangan, dapat peneliti sebutkan yaitu:. Implementasi Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Yaitu dengan cara memilih siswa untuk menjadi pemateri dan moderator, memberikan waktu untuk memahami materi dan mempersilahakan siswa untuk menjalaskan materi yang diberikan, moderator membuka kesempatan para siswa yang lain untuk bertanya. Selanjutnya mamfaat dari Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Yaitu siswa dapat aktif dalam kelas, siswa semakin memiliki kegemaran dalam membaca, membangun rasa percaya diri siswa, siswa dapat menghargai pendapat temannya yang lain. Factor yang dapat mempengaruhi Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan. Yaitu factor pendukung dan penghambat, factor pendukung adanya semangat dari para siswa untuk lebih giat belajar. Factor penghambat yaitu adanya godaan dan gangguan dari siswa yang kurang berminat dalam mangikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.
Tidak tersedia versi lain