Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS AL-ANSHARIYAH DESA PAMOROH KEC. KADUR KAB. PAMEKASAN
ABSTRAK
Kholilur Rohman, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Anshariyah Desa Pamoroh Kec. Kadur Kab. Pamekasan. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning, Tipe Think Pair Share, Keaktifan Siswa.
Realitas dewasa ini, proses pembelajaran dikelas agaknya berlangsung secara kaku dan kurang menyenangkan, diantaranya adanya tuntutan pada siswa untuk menguasai materi dan fakta-fakta, hal ini juga membuat pembelajaran kurang bermakna, karena penguasaan atas banyaknya materi belum tentu menjamin pemahaman pada materi yang mereka kuasai. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembeajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan modal dasar bagi siswa agar dapat mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapakan. Untuk mencapai tujuan ini, bukan hal yang mudah bagi guru untuk mewujudkannya. Banyak di antara para guru mengalami kesulitan dan mengalami berbagai kendala, dalam melaksanakan pembelajaran materi sejarah.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah; Bagaimana Proses Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Anshariyah? Bagaimana Hasil Dari Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Anshariyah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model Kurl Lewin dengan 2 (dua) siklus. Tekhnik data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe TPS (Think Pair Share) pada pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Anshariyah yang diketahui berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa pada saat pelaksanaan metode pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil penilaian pada saat pra siklus dan juga peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari tindakan siklus I sampai siklus II.
Tidak tersedia versi lain