Text
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD ( Student Achievment Division ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-HIKMAH DESA GUGUL KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Masfufah, 2019, Penerapan Cooperative Learnig tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al-hikmah Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr.Mohammad Thoha, M. Pd.
Kata kunci : Cooperative Learning dan Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran PAI.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-hikmah Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan menerapkan metode cooperative learning untuk meningkatkan belajar siswa dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil, yang dalam hal ini siswa berhasil dengan keberhasilan kelompok, besar harapan siswa-siswa bisa menjadi pembelajar yang kreatif dan inovatif dalam pemecahan pembelajaran PAI. Artinya siswa dituntut untuk lebih banyak bekerja sama dengan sesama tim untuk mendapatkan pemecahan permasalahan, oleh karena hal itu tidak lagi ada hal persaingan dalam kelas tapi lebih kepada bergandengan tangan untuk mencapai prestasi yang sama serta saling mengevaluasi dalam satu tim, tapi hal ini perlu atas pengontrolan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti saling menyalahkan sesama tim atau lain sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaiman penerapan metode cooperative learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, bagaimana pelaksanaan dalam penerapan metode cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI, dan apa saja kelebihan dan kelemahan pada penerapan metode cooperative learning tesebut dalam peningkatan hasil belajar pada pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang terkumpul hasil dari observasi berupa transkip wawancara yang tentunya dikuatkan dan didukung dengan data dokumentasi dan observasi
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa : penerapan metode cooperative learning tipe STAD di SMP Al-hikmah Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan ini, telah direncanakan dengan efektif dan efesien dengan perencanaan yang matang, karena memang membutuhkan waktu agak lebih dari biasanya dan Alhamdulillah hasil dari penerapan metode ini siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Penerapan metode cooperative learning tipe STAD ini sebagaimana hasil penelitian mempunyai kelemahan dan kelebihan adapun kelemahannya disini yaitu kurang nya sarana dan prasarana yang respresentatif dan kesiapan siswa dalam menerima metode cooperative learning tipe STAD ini namun di samping itu pada metode cooperative learning tipe STAD in juga memiliki kelebihan yaitu tujuan belajar dapat tercapai dengan baik,membentuk prilaku dan kepribadian yang baik
maka ketika sudah ditemukan kelemahannya maka Guru juga mempunyai solusi solutif sebagai problem solving pada kelemahan tersebut, sehingga akan lebih meningkatkan kekreatifan guru dalam memoles metode tersebut untuk menjadi lebih baik lagi.
Berdasarkan hasil penelitian di atas metode Coorperative Learning tipe STAD di SMP Al-hikmah Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, akan sangat membantu terhadap kemudahan siswa dalam memahami pelajaran PAI, karena dalam metode ada bermacam langkah, seperti motivasi dan saling menghargai antar sesama tim. Sehingga diharapkan bukan hanya dilakukan di sekolah saja, tapi juga dalam keseharian siswa.
Tidak tersedia versi lain