Text
PENGELOLAAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Agus Subandi, 2019. Pengelolaan Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Pamekasan, yang disusun oleh Agus Subandi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd
Kata Kunci: Pengelolaan Pengembangan Profesionalisme Guru Sudah menjadi kewajiban bagi lembaga pendidikan atau madrasah bahwa pengembangan profesionalisme guru merupakan tanggung jawab besar yang tidak bisa ditunda sebab menunda hal itu berarti mengorbankan generasi masa depan yang notabene sebagai cagar peradaban umat, karena proses peningkatan kualitas bagi lembaga pendidikan seharusnya menyadari dan melakukan pembenahan sedini mungkin supaya pengembangan kualitas lembaga pendidikan dan lulusannya dapat memenuhi harapan masyarakat. Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana proses perencanaan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Pamekasan, b) Bagaimana proses pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Pamekasan, c) Bagaimana proses evaluasi pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru MAN 2 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Proses perencanaan pengelolaan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Pamekasan : a) Proses perencanaannya adalah 1) Kepala Madrasah dan para waka serta guru mengadakan pertemuan di ruang guru untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan. 2) Perencanaan dilakukan secara rutin dan terencana. 3). Perencanaan dilakukan setiap awal tahun ajaran. b) Hasil perencanaan yang ditetapkan sebagai program pengembangan profesionalisme guru adalah 1) Kepala Madrasah merencanakan untuk mengaktifkan kembali MGMP. 2) Kepala Madrasah merencanakan mengutus guru untuk mengikuti MGMP. 3) Kepala Madrasah merencanakan untuk berupaya memberikan arahan dan penyadaran kepada guru yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan.. Kedua, Proses pelaksanaan pengelolaan pengembangan profesionalisme guru di MAN 2 Pamekasan : a) Kepala Madrasah menunjuk orang-orang tertentu untuk menjadi ketua kegiatan b) Mengaktifkan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). c) Kepala Madrasah mengutus guru untuk aktif menjadi anggota MGMP. d) Kepala Madrasah memberikan arahan dan penyadaran kepada guru yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Ketiga, a) Kegiatan evaluasi dilakukan setiap akhir semester. b) Kegiatan evaluasi yang dilakukan diharuskannya ada tindak lanjut, jika hasilnya baik maka perlu ditingkatkan, jika kurang baik maka perlu diperbaiki dan jika tidak dilakukan sama sekali, maka
6
harus ada upaya untuk dilaksanakan. c) fokus pada apa yang akan dievaluasi oleh semua pihak di madrasah.
Tidak tersedia versi lain