Text
KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK PENYELESAIAN KONFLIK ANTARA GURU DAN SISWA DI SMA NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Imam Basri, 2019, Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Membangun Komunikasi Efektif Untuk Penyelesaian Konflik Antara Guru Dan Siswa Di SMA Negeri 1 Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Komunikasi Efektif, Penyelesaian Konflik Antara Guru Dan Siswa
komunikasi efektif merupakan komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune”, yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan dengan adanya komunikasi efektif maka akan melahirkan penyelesayan konflik secara efektif
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya kepala sekolah SMAN 1 Galis menciptakan komunikasi yang efektif dalam menyelesaikan konflik antara guru dan siswa; Kedua, Bagaimana penerapan kompetensi kepala sekolah dalam membangun komunikasi efektif untuk mengelola konflik antara guru dan siswa di SMAN 1 Galis; tiga Apa hambatan kepala sekolah dalam menciptakan komunikasi yang efektif dalam menyelesaikan konflik antara peserta didik dan guru di SMAN 1 Galis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean . dan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamtan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, Bagaimana upaya kepala sekolah SMAN 1 Galis menciptakan komunikasi yang efektif dalam menyelesaikan konflik antara guru dan siswa, sudah cukup baik meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi. Hal ini terlihat dari beberapa hal, yakni: komunikasi guru- guru. Kedua, Bagaimana kompetensi kepala sekolah dalam membangun komunikasi efektif untuk mengelola konflik antara guru dan siswa di SMAN 1 Galis lebih pada: strategi kinerja kepala sekolah. Ketiga, Apa hambatan kepala sekolah dalam menciptakan komunikasi yang efektif dalam menyelesaikan konflik antara peserta didik dan guru di SMAN 1 Galis lebih pada: Suasana kerja, Sikap jujur dan dapat dipercaya, penghargaan.
Tidak tersedia versi lain