Text
PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINAAN ORGANISASI KESISWAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI DI SMKN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Wulandari, 2019, “Pelaksanaan Program Pembinaan Organisasi Kesiswaan Dalam Pembentukan Sikap Toleransi di SMKN 1 Pamekasan”Skripsi, Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd.I.
Kata Kunci: Pembinaan, Organisasi,Toleransi
Pendidikan merupakan proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang relevan bagi individu untuk kehidupan sosialnya. Lingkungan sekolah memiliki organisasi kesiswaan atau kepesertadidikan, baik berupa OSIS, kepramukaan, dan organisasi lain yang membina keterampilan. Setiap organisasi tersebut sangat potensial untuk membina perilaku peserta didik, melalui organisasi kesiswaan itu, sesama teman juga dapat saling mengingatkan agar perbuatan kurang baik dapat dihindari.
Berdasarkan hal tersebut, terdapatempat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, bagaimana perencanaan program pembinaan organisasi kesiswaan dalam pembentukan sikap toleransi di SMKN 1 pamekasan?Kedua, bagaimana pelaksanaan program pembinaan organisasi kesiswaan dalam pembentukan sikap toleransi di SMKN 1 Pamekasan?Ketiga,apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembinaan organisasi kesiswaan dalam pembentukan sikap toleransi di SMKN 1 Pamekasan?Keempat,Bagaimanaevaluasipelaksanaan program pembinaan organisasi kesiswaan dalam pembentukan sikap toleransi di SMKN 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dimanasumber data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepalasekolah, pembinaorganisasikesiswaan, sertasiswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukan Perencanaan program pembinaan organisasi kesiswaan dalam pembentukan sikap toleransi di SMKN 1 Pamekasan, dilakukan secara terstruktur yang tertuang dalam berbagai program kegiatan pembinaan bidang kesiswaan, baik program pembinaan jangka panjang maupun jangka pendek.Dimanadalampelaksanaannyaberupa penguatan karakter dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan serta melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mampu membentuk sikap toleransi serta kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar.Adapunfaktor pendukung berupa peranorangtua serta keluargadanpembina,sementarafaktorpenghambatberupa lingkungan,siswa dan kesiapan siswa.Kegiatantersebutdievaluasioleh guru maupunpembinasetelahkegiatanberlangsung.Bahkanadapembina yang memilikicatatantersendiriuntuksetiapevaluasidaripelaksanaan program pembinaanorganisasikesiswaan.
Agar pembentukankaraktersiswadapat dilakukan secara optimal, maka pengelola pendidikan agar berupaya mendukung dan memfasilitasi setiap upaya pembentukan sikap toleransi siswa melalui pelaksanaan program pembinaan organisasi kesiswaan.
Tidak tersedia versi lain