Text
PELAYANAN SMART PEOPLE DALAM MENINGKATKAN DEVELOPMENTAL CHANGE TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA’HAD AL-ITTIHAD AL-ISLAMI CAMPLONG
ABSTRAK
Ach.AsrofiIshak, 2019, Pelayanan Smart People DalamMeningkatkan Developmental Change TenagaKependidikan Di Ma’had Al-Ittihad Al-IslamiCamplong,Pembimbing Dr. H. SaifulHadi, M.Pd.
Kata Kunci :Smart People, Developmental Change, TenagaKependidikan.
Penelitianinidilatarbelakangipadaketertarikanpenelititerhadappengelolaantenagakependidikan di Ma’had Al-Ittihad Al-IslamiCamplong yang notabeninyamerupakan alumni (lulusan) timur yang berhubunganeratdenganmanajemensmart peopledalammeningkatkantenagakependidikan.Melihatlembagatersebutmasihbertahanbahkanmenjadipenentanglembagalainnyadalampenerapankonseppendidikan.
Fokuspenelitian yang diambilolehpenelitiialahPertama,Bagaimanarancanganpelayanansmart peopledalamdevelopmental changetenagakependidikanMa’had Al-Ittihad Al-IslamiCamplong?, Kedua,Bagaimanapelaksanaanpelayanansmart peopledalamdevelopmental changetenagakependidikanMa’had Al-Ittihad Al-IslamiCamplong?, Ketiga, Bagaimanahasilpelayanansmart peopledalamdevelopmental changetenagakependidikanMa’had Al-Ittihad Al-IslamiCamplong?.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriftif.Data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkansumberdatanyayaitutenagakependidikandansebagian guru.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangkeikutsertaan, ketekunanpengamatan, triangulasi, danuraianrinci.
Kesimpulanpenelitian 1) Rancanganpelayanansmart peopledalam developmental change tenagakependidikanberupapengadaanpelatihanin-service training, menciptakansuasananaman, nyamandanketerbukaan, pendampingan program yang dijalankan. 2) Pelaksanaanpelayanansmart peopledalamdevelopmental changetenagakependidikanberupa in-service training tenagakependidikan yang diberikankepadawakakurikulumtentangpeningkatanperangkatpembelajaran, kepalaasramatentangpengasuhan, kepalalaboratoriumtentangpengelolaan lab, kepalaperpustakaantentangpengembanganlayanan, penerapankomunikasi yang baik, danpelaksanaanapelpagisetiapharisebagaibentukpendampingandanbimbingandalammenjalankan program. 3) Hasilpelayanansmart peopledalamdevelopmental changetenagakependidikan MII CamplongbagiWakaKurikulumialahsmartdalammenigkatkanperangkatpembelajaran, smartdalammemperjuangkannilai agama padasetiap program yang dijalani, smartdalammengelolakewirausahaansekolah agar dapatbersaingdengansekolahmajulainnya. Bagikepalaasramaialahsmartdalammeningkatkanmutupengasuhandanbimbingansertamengatursegalaurusan yang menjadikebutuhansantri.Bagikepalalaboratoriumialahsmartdalammengelolalaboratoriumuntukpeningkatanpembelajaranmelalui media digital.Bagikepalaperpustakaanialasmartdalammengelolalayananpeminjamandanpengadaankoleksikitab.Dan bagipendidikialahsmartdalammenformulasikanpeningkatan plus pembelajaran agar pesertadidikmendapatkanpelayananpendidilan yang prima.
Tidak tersedia versi lain