Text
STRATEGI TRAVEL ARMINAREKA PERWAKILAN PAMEKASAN MENINGKATKAN KUANTITAS CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
ABSTRAK
Fita Mamillah, 2019, Strategi Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan Meningkatkan Kuantitas Clon Jamaah Haji dan Umroh dalam Perspektif Ekonomi Islam, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Dr. Eko Ariwidodo, M. Phil
Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, Promosi
Travel Arminareka merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang perjalanan haji dan umroh dikota Pamekasan. Travel perjalanan haji dan umroh sangat dibutuhkan masyarakat pada saat ini, oleh karena itu Travel Arminareka ini bersaing secara sehat dengan cara meningkatkan strategi dalam menarik calon jamaah haji dan umroh dengan memberikan fasilitas dengan harga yang bersaing. Persaingan pada sekarang ini sangat terlihat, untuk itu setiap perusahaan harus pandai memikirkan strategi agar tidak menjadi terbelakang. Travel Arminareka berusaha memberikan fasilitas-fasilitas dan pelayanan yang lebih dari saingannya agar dapat menarik minat para jamaah haji untuk meyakinkan jasa mereka dalam menjalankan ibadah haji dan umroh.
Hal yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah: Strategi Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan Meningkatkan kuantitas Calon Jamaah Haji dan Umroh dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian yang penulis lakukan ini mempunyai tujuan diantarnya, untuk mengetahui strategi Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan dalam meningkatkan calon jamaah haji dan umroh, serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan dalam meningkatkan kuantitas calon jamaah haji dan umroh.
Lokasi penelitian bertempata pada Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan yang berada di Desa Gagah kec. Kadur Pamekasan. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara kepada pimpinan, konsumen dan masyarakat, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen atau literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian dalam observasi sekaligus dokumentasi. Metode penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif kemudian dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif.
Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa upaya Travel Arminareka Perwakilan Pamekasan Meningkatkan Kuantitas Calon Jamaah Haji dn Umroh dilakukan dengan strategi promosi dan pelayanan yang baik dan telah memelihara nilai-nilai ekonomi Islam dengan menggunakan strategi handal yang juga tidak menyalahi kaidah-kaidah ekonomi Islam.
Tidak tersedia versi lain