Text
MORALITAS PENJUALAN IKAN DI DESA TANJUNG SAMPANG DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM
ABSTRAK
Nur Dzunnurain,2019“MoralitasPenjualanIkan di DesaTanjungSampangdalamTinjauanEtikaBisnis”.Skripsi, Program StudiEkonomiSyariah, FakultasEkonomidanBisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, MM.
Kata Kunci :Penjualan, EtikaBisnis
Penjualanmerupakansyaratmutlakkeberlangsungansuatuusaha, karenadenganpenjualanmakaakandidapatkankeuntungan. Masalah moral atauetikamenjadibagiantakterpisahkandalamduniabisnis, bukanhanyasebagaialatuntukmenilaipantasatautidakpantas, benaratausalah, burukataubaik, etikabisnismenjadiperekatdalamsetiaptransaksi yang adildansalingmenguntungkanpihak-pihak yang terlibat. Penjualanikan di desaTanjungSampangdijadikansebagaiobjekalasannyakarenaadanyaunsur yang tidaksesuaidenganetikabisnisdalam Islam. OlehkarenaitupenelitimerasatertarikuntukmenelititentangMoralitasPenjualanIkan di DesaTanjungSampangdalamTinjauanEtikaBisnis Islam.
FokusdalampenelitianiniadalahPraktekPenjualanIkan di DesaTanjungSampangsertaMoralitasPenjualanIkan di DesaTanjungSampangdalamTinjauanEtikaBisnis Islam. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipraktekpenjualanikan yang terjadi di DesaTanjungSampangsertauntukmengetahuiMoralitasPenjualanIkan di DesaTanjungSampangdalamTinjauanEtikaBisnis Islam.
Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptif. Jenispenelitianini, dikategorikanpenelitianlapangan, pengumpulan data melaluiwawancara, observasidandokumentasi, sertasumber data.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa: pertama, Sistem penjualan disana secara langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pembeli untuk memperkenalkan ikannya kepada calon pembeli dan membentuk pemahaman pembeli terhadap ikan sehingga kemudian akan membelinya dan Selalu melakukan Negosiasi dengan pembeli, jadi si pembeli masih bisa melakukan tawar-menawar dengan si penjual hingga akhirnya kedua-duanya sama-sama setuju. Kedua, Hampir semua penjual ikan disana tidak menempati pasar tersebut untuk melakukan penjualan atau tawar menawar dengan konsumen melainkan mereka menggunakan pinggiran jalan raya.pemahaman penjual atau pedagang mengenai etika bisnis di Pasar Tanjung, ada yang mengetahui tentang etika bisnis. Akan tetapi, masih saja ada pedagang yang melakukan kecurangan dalam berdagang seperti ikan yang sudah tidak layak dijual masih dijual dan menyembunyikan cacat pada ikan tersebut, dan ada juga yang memahami tentang etika bisnis, seperti ramah, sabar dalam mengahadapi konsumen dan senyum.
Tidak tersedia versi lain