Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MA AL-AMIEN PRENDUAN
ABSTRAK
Linda Trisna Dewi, 2019, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Melalui Supervisi Klinis Di MA Al-Amien Prenduan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Dr. Mohammad Thoha, M.Pd. I
Kata kunci:pengelolaan perpustakaan madrasah, perpustakaan sekolah
Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi memiliki komitemn tinggi dan luwes dalam melaksanakan tugasnya.Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pempinaan kemampuan tenaga kependidikan.Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan.Dalam perannya sebagai seorang pemimpin kepala sekolah harus dapat memperhatikan kebutuhan dan perasaan orang-orang yang bekerja sehingga kinerja guru selalu terjaga.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana upaya kepala sekolah dalam Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Melalui Supervisi Klinis Di MA Al-Amien Prenduan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan madrasah melalui supervisi klinis Di MA Al-Amien Prenduan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informanya adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti dan triagulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan madrasah melalui supervisi klinis yaitu: Melakukan pembinaan terhadap tenaga perpustakaan, Melakukan pelatihan/diklat terhadap tenaga perpustakaan, Melakukan pengawasan terhadap kinerja tenaga perpustakaan, Melakukan evaluasi terhadap kinerja tenaga perpustakaan.pertama,Perencanaan perpustakaan, meliputi:Perencanaan bahan pustaka,Perencanaan sarana dan prasarana, Perencanaan layanan perpustakaan,Perencanaan anggaran/dana.Kedua,Pelaksanaan perpustakaan, pelaksanaan pengelolaan bahan pustaka meliputi:Prosedur pengelolaan bahan pustaka berupa buku perpustakaanPengarahan,Pengkordinasian,Pelaksanaan, perencanaan sarana prasarana,Pelaksanaan layanan perpustakaan. Ketiga,Evaluasi dan pengawasan. 2. faktor pendukung dan penghambat dalam meningkakan pengelolaan perpustakaan madrasah melalui supervisi klinis di MA Al-Amien Prenduan.. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan madrasah melalui supervisi klinis di MA Al-Amien Prenduan yaituuntuk menambah wawasan dan literasi siswa, peran kepala sekolah yang lebih efektif dan efisien, kerja sama yang solid antara petugas perpustakaan dengan kepala sekolah serta semua stekholder yang ada.Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan pengelolaan perpustakaan madrasah melalui supervisi klinis di MA Al-Amien Prenduan yaitukurangnya minat baca dari siswa, masih kurang nya koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan dikarenakan jumlah siswa lebih banyak, kurangnya fasilitas seperti komputer di perpustakaan serta dana yang masih kurang.
Tidak tersedia versi lain