Text
STRATEGI MENGATASI KONFLIK SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT TENTANG PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH ALIYAN SABILUL MUTTAQIEN PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Hairul Anam, 2019, Strategi Mengatasi Konflik Sekolah Dengan Masyarakat Tentang Program Full Day School Madrasah di Madrasah Aliyah Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Fathol Haliq, M. Si
Kata Kunci: Konflik Sekolah Dengan Masyarakat, Program Full Day School Madrasah
full day school merupakan sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan sistem pengejaan yang intensif yakni dengan menambah jam pelajaran untuk pendalaman materi pelajaran serta pengembangan diri dan kreatifitas, tidak bisa dipungkiri lagi dalam penerapan program full day school pasti ada penulakan dari masyarakat. Oleh karena itu lembaga pendidikan bukan hanya langsung menerapakan program full day school akantetapi membutukan analisis swot dan strategi yang matang dari kepala sekolah. Sehingga penerapan program full day school berjalan sesuai yang di inginkan oleh lembaga berjaln dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana analisis SWOT keberadaan Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasa; Kedua, Bagaimana bentuk- bentuk konflik yang terjadi pada Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasa; tiga, Bagaimana strategi mengatasi konflik tentang keberadaan Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Analisis data menggunakan pengecekan, pengor ganisasian, dan pengkodean . dan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamtan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, analisis SWOT keberadaan Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasan, sudah cukup baik meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi. Hal ini terlihat dari beberapa hal, yakni: kepimpinan kepla sekolah . Kedua, bentuk- bentuk konflik yang terjadi pada Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasa lebih pada: penulakan mayrakat. Ketiga strategi mengatasi konflik tentang keberadaan Program Full Day School Madrasah di MA Sabilul Muttaqien Pademawu Pamekasa lebih pada: Menggunakan pendekatan dengan masyarakat Mensosialisasikan tentang full day school
Tidak tersedia versi lain