Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN UHKRAWI DI KSPPS BAITUL MAL WA TAMWIL NUANSA UMMAT KANTOR CABANG PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Amin Waritsi, 2019.Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Uhkrawi di KSPPS Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Ummat Kantor Cabang Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Sri Handayani, MM.
Kata Kunci : Strategi pemasaran dan nasabah produk tabungan ukhrawi
BMT NU merupakan salah satu lembaga keuangan yang sistem operasionalnya berdasarkam atas prinsip syariah. Tumbuh dan berkembangnya lembaga keuangan syariah hal itu memicu persaingan diantara lembaga keuangan syariah bahkan menimbulkan persaingan dengan bank konvensional. Demikian juga dengan KSPPS BMT NU kantor CabangPakong yang memilikiproduk tabungan.Oleh sebab itu dibutuhkan suatu strategi berbeda untuk dapat meningkatkan jumlah nasabah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:pertama, Bagaimanastrategipemasarandalam meningkatkanjumlahnasabahproduktabunganukhrawi di KSPPS BMT NU Kantor Cabang Pakong;kedua,Faktorapa saja yang menjadi kendala dalammeningkatkanjumlahnasabahproduktabunganukhrawi di KSPPS BMT NU Kantor Cabang Pakong.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data penelitian ini adalah karyawan BMT NU Cabang Pakong sebanyak 3 orang. Prosedur pengumpulan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data dengan cara (pengecekan dan pegelompokan), display data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Sedankan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan ukhrawi di KSPPS BMT NU Kantor Cabang Pakong berupa strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, strategi promosi, orang (pelayanan karyawan dalam melakukan proses pemasaran), bukti fisik secara konkret, prosesatau cara mmemasarkan produk semenarik mungkin agar masyarakat yang bersangkutan menerima dan memahami dengan baik. Kedua, Kendala dalam meningkakan jumlah nasabah produk tabungan UKHRAWI di KSPPS BMT NU Kantor Cabang Pakong diantanya melakukan proses pemasaran tanpa pemilihan waktu yang tidak tepat karena pada saat memasarkan produk tabungn Ukhrawi kurang memperhatikan keadaan masyarakat sehimga masyarakat kurang minat untuk menabung. Hanya mengandalkan satu media untuk beriklan, pihak BMT NU Cabang Pakong hanya memakai brosur. Kurangnya komunikasi dengan konsumen karena sibuk tegas tugas pekerjaan masing-masing dan hanya beberapa waktu saja yang bisa berkomunikasi langsung dengan para konsumen. Adapun faktor pendukungnya yaitu pertama, layanan antar jemput bola. Kedua, tabungannya itu murah. Ketiga, tabungan sekaligus beramal. Keempat, pembukaan rekeningnya itu murah.
Tidak tersedia versi lain