Text
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN RASIONAL, EMOSIONAL, SPIRITUAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DI BRI SYARIAH KCP PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Annisa Firdaus, 2019, “Pengaruh penerapan strategi pemasaran rasional, emosional, spiritual terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah di BRI Syariah KCP Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.Sri Handayani, MM
Kata Kunci: Pemasaran Rasional, Emosional, Spiritual,Kepuasan dan Loyalitas
Penelitian ini berutujuan untuk meniliti pengaruh strategi pemasaran rasional (X1), emosional (X2), dan spiritual (X3) terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini juga menguji apakah kepuasan nasabah (Z) memediasi sebagai variabel intervening pemasaran rasional emosional dan spiritual terhadap loyalitas nasabah (Y).
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner, kuisioner diberikan kepada 97 nasabah BRI Syariah KCP Pamekasan sebagai responden penelitian. Populasi penelitian ini menggunakan populasi infinite dan sampling insidental. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis path untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung pemasaran rasional, emosional, spiritual terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh langsung antara pemasaran rasional, spiritual terhadap kepuasan nasabah, pemasaran rasional dan spiritual juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan, sedangkan pemasaran emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan.
Namun pemasaran rasional, emosional, dan spiritual tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas nasabah, artinya berdasarkan uji F hanyaberpengaruh secara simultan terhadap loyalitasnasabah.
Berdasarkan perhitungan nilai jalur dengan analisis pathpemasaran rasional, emosional, dan spiritual berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Dengan didapat nilai jalur X1 melalui Z terhadap Y secara langsung 0,189 dan secara tidak langsung sebesar 0,296 artinya lebih besar pengaruh tidak langsung ; X2 melalui Z terhadap Y secara langsung sebesar 0,089 dan secara tidak langsung sebesar 0,145 lebih besar pengaruh tidak langsung ; X3 melalui Z terhadap Y pengaruh langsung sebesar 0,124 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,222 lebih besar pengaruh tidak langsung.
Artinya pemasaran rasional (X1), pemasaran emosional (X2), dan pemasaran spiritual (X3) berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan nasabah (Z/variabel intervening) terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai diatas.
Tidak tersedia versi lain